Kapolres Trenggalek Apresiasi Gerakan Satu Aksi Cinta Lingkungan di Pantai Kili-Kili

0
336

Titaniumnews – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., bersama dengan Plt. Bupati Trenggalek .H. M. Nur Arifin turut ambil bagian dalam aksi bersih-bersih pantai Kili-Kili di Kecamatan Panggul. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Ride For The Earth yang diselenggarakan oleh gabungan komunitas rider dan I Love Trenggalek. Sabtu (23/03)

Acara yang mengambil tema `Satu Aksi Cinta Lingkungan” ini diawali dengan touring sepeda motor dari Alun-alun Trenggalek menuju kecamatan Panggul. Tak ketinggalan Kapolres bersama Plt. Bupati didampingi pejabat instansi terkait turut serta menunggangi sepeda motor jenis klasik bersama dengan ratusan orang komunitas rider Trenggalek.

Di pantai kili-kili yang merupakan salah satu tempat konservasi penyu di kabupaten Trenggalek, semua peserta langsung turun tangan membersihkan area sepanjang pantai dengan menggunakan alat seadanya. Tak butuh waktu lama, setelah menyingkirkan sampah yang kebanyakan berupa ranting dan daun kering, pantai pun menjadi lebih bersih dan nyaman di pandang.

Tak sekedar bersih-bersih pantai, Acara juga diisi dengan rembukan bersama masyarakat dan pihak pengelola konservasi terkait dengan pengelolaan sampah dan penangkaran maupun penyelamatan penyu yang ada di pantai Kili-Kili.

“Kegiatan seperti ini hendaknya dilakukan secara berkesinambungan sekaligus sebagai media edukasi bagi masyarakat tentang bagaimana menjaga ekosistem laut utamanya bagi keberlangsungan habitat penyu di patai kili-kili ini” Ujar AKBP Didit

Oleh karenanya, lanjut AKBP Didit perlu ada koordinasi yang bagus dari semua instansi bekerjasama dengan potensi masyarakat yang ada. Pantai Kili-kili secara nyata telah mampu menyelamatkan habitat penyu serta mendorong kesadaran masyarakat. disamping iitu, keberadaan konservasi penyu dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sebagai lokasi wisata edukasi bidang kelautan.

“Yang pasti kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Bila ada yang  melanggar akan kami proses sesuai dengan hukum yang berlaku” Tegas AKBP Didit

“Masyarakat harus peduli tentang keberadaan sampah dan kami dari pihak Kepolisian siap mendukungnya” Imbuhnya.

Dalam kesempatan  tersebut, dilakukan pula penyerahan bantuan secara simbolis kepada pengelola konservasi pantai kili-kili serta pembacaan deklarasi Trenggalek bersih oleh Plt. Bupati Trenggalek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here