Wow, Trenggalek Punya Kampung Tertib Berlalu Lintas

0
320

Titaniumnews – Sebagai garda terdepan dalam tata laksana lalu lintas di wilayah, Polisi lalu lintas harus senantiasa aktif melakukan upaya penegakan hukum dengan berbagai langkah-langkah teknis, dan baru-baru ini Satlantas Polres Trenggalek mencetuskan berdirinya `Kampung tertib lalu lintas` tepatnya berada di Sosutan Kelurahan Ngantru Kabupaten Trenggalek.

Bukan tanpa alasan dipilih menjadi pioner kampung tertib berlalu lintas. Sosutan merupakan salah satu dukuh yang memiliki jalan umum beraspal yang membentang disepanjang kampung dengan intensitas lalu lalang kendaraan yang terbilang cukup padat. Pada sisi yang lain, keaktifan maupun tingkat disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dinilai cukup tinggi.

“Progresnya adalah kampung tertib berlalu lintas ini menjadi pilot project dan percontohan sekaligus sebagai komunitas pelopor keselamatan berlalu lintas” Ungkap Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Suprihanto, S.H. saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (11/12)

AKP Suprihanto mengatakan, mewujudkan masyarakat yang tertib dan disiplin berlalu lintas bukan perkara mudah. Arti penting keselamatan berkendara harus terus digaungkan secara berkesinambungan agar muncul kesadaran yang berangkat dari hati bukan sekadar tertib saat ada petugas saja.

Disinggung terkait upaya tindak lanjut, AKP Suprihanto menegaskan pihaknya saat ini sudah memasang rambu-rambu tambahan serta papan sosialisasi yang dipasang di tempat-tempat strategis.

“Nantinya akan kita gelar juga beberapa kegiatan Kepolisian seperti penyuluhan tertib berlalu lintas, try out ujian SIM, dan kegiatan lainnya.” Ujar AKP Suprihanto

“Dalam pelaksanannya nanti kita bekerjasama dengan unsur 3 pilar. Kepala desa atau Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa” Imbuhnya

Masih kata AKP Suprihanto, dengan adanya Kampung tertib berlalu lintas ini diharapkan menjadi embrio bagi kampung-kampung lainnya untuk melakukan kegiatan yang sama. Dengan begitu, kesadaran akan keselamatan berlalu lintas semakin meningkat dan outputnya adalah dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here