Tak Mengenal Hari Libur, Dari Samling Hingga Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

0
216

Titaniumnews – Bagi sebagian orang, hari Minggu merupakan hari libur yang menjadi kesempatan untuk berekreasi atau sekedar berkumpul dengan keluarga. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi jajaran Satlantas Polres Trenggalek. Hari Minggu justru digunakan untuk memberi pelayanan kepada masyarakat.

Seperti yang terlihat hari Minggu kemarin, sebuah kendaraan mini bus berwarna putih terparkir di salah satu sudut Alun-alun Trenggalek. Di belakang mobil, nampak beberapa masyarakat sedang tertib mengantri. Sementara di dalam mobil dimana pintu belakangnya terbuka terlihat beberapa personel Satlantas yang tengah sibuk melayani. Minggu (18/11)

Ya benar, hari Minggu justru dimanfaatkan oleh personel unit Regident Satlantas yang dipimpin oleh Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K untuk melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan. Satu persatu masyarakat yang datang dilayani dengan telaten dan penuh keramahan.

Dilokasi yang lain, Unit Dikyasa Satlantas dipimpin langsung oleh Iptu Agustyo, S.H. bersama beberapa anggotanya justru meluangkan waktunya untuk melatih siswa siswi MTsN Model Trenggalek. Puluhan pelajar ini di latih tentang gerakan pengaturan lalu lintas. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan tertib dan disiplin berlalu lintas sejak dini.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Suprihanto, S.H. menerangkan, Tugas Kepolisian dalam hal ini Satlantas mencakup banyak hal, mulai dari preemtif, preventif dan represif hingga fungsi pelayanan. Keseluruhan tidak bisa dipisahkan. Harus berkesinambungan dan tidak mengenal hari libur.

“Maka jangan heran, meskipun hari libur banyak anggota Satlantas yang melaksanakan tugas pengaturan maupun sosialisasi. Harus pandai melihat momen yang bisa digunakan untuk penyuluhan tentang tertib berlalu lintas” Ucap AKP Suprihanto.

Sementara Kanitregident Satlantas Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K menuturkan, pelayanan Samsat keliling sebenarnya bukan hal baru di Trenggalek. Program ini sudah berjalan cukup lama bahkan menjangkau hingga daerah pegunungan.

“Kita punya program Sambel Pedes Gus, Samsat Bermotor Layanan Pedesaan Pegunungan dan Pesisir. Nah, untuk pelayanan hari libur, ini memang bagian dari terobosan yang kita buat untuk membantu masyarakat yang terkadang sibuk bekerja dan baru longgar di hari Minggu” Ujar perwira yang kerap dipanggil Putri ini.

Masih kata Iptu Putri, dalam prakteknya samsat keliling tersebut tidak hanya melayani pembayaran pajak saja melainkan juga disisipi dengan pesan-pesan Kamtibmas khususnya bidang kelalu lintasan.

“Seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Masyarakat terbantu dengan pelayanan di hari libur dan tertib berlalu lintas juga semakin meningkat” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here