Suasana Khidmat dan Haru Selimuti Sertijab Kapolres Banyuwangi

0
342

Polres Banyuwangi – Pergantian pimpinan di Kepolisian Resort Banyuwangi (Polres Banyuwangi) dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Donny Adityawarman., S.H., S.I.K., M.Si kepada AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi., S.I.K., S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bondowoso pada hari Selasa (13/11) berjalan sukses dan lancar dalam suana khidmat dan penuh haru.

“Saya cukup berbangga selama di Banyuwangi, bahwa saya bisa mendapatkan dukungan dari rekan-rekan sekalian salah satunya untuk mencapai Banyuwangi sebagai daerah Zona Integritas Wilayah Bebas (dari) Korupsi atau ZI WBK. Insha allah tanggal 9 Desember tahun ini nanti Kapolres Banyuwangi bersama-sama saya akan menerima penghargaan ZI WBK yang artinya akan menerima remunerasi setingkat lebih tinggi dari Polres yang tidak menyandang status tersebut,” ujar AKBP Donny.

Lebih lanjut AKBP Donny menyampaikan bahwa perwujudan ZI WBK itu merupakan salah satu pengejawantah dari program yang digagas oleh Kapolri dengan Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya. Selain ZI WBK upaya yang dilakukan oleh AKBP Donny yaitu meningkatkan status Polres Banyuwangi menjadi Polresta artinya akan ada penambahan personil, fasilitas, sarana prasarana yang salah satunya pembangunan sarana Satpas (Satuan Pelaksana Administrasi SIM) di daerah Pakis Sumberejo dengan dukun gan anggaran dari Mabes Polri sebesar 16 Milyard yang anantinya akan dikawal langsung oleh Bapak Kapolres.

“Rekan-rekan sekalian tolong dukungan kerjasama, dedikasi, loyalitas yang telah diberikan kepada saya selaku Kapolrtes lama diberikan juga kepada AKBP Taufik sebagai Kapolres yang baru trentunya dengan peningkatan segala aspek karena Banyuwangi akan menghadapi situasi yang lebih berat ke depan tentunya diperlukan kerja sama dan sama-sama bekerja dengan Kapolres yang baru. Saya selaku pejabat lama hanya ingin mendengar Banyuwangi lebih sukses dan lebih berhasil di masa depan,” tutur AKBP Donny.

Sebagai penutup AKBP Donny meminta maaf sekaligus berharap untuk tetap saling kontak untuk menjaga tali silaturahmi dan seduluran selawase.

“Atas nama pribadi dan keluarga selama menjabat sebagai Kapolres Banyuwangi saya minta maaf atas segala perbuatan, perkataan yang kurang berkenan baik dipandangan maupun dihati rekan-rekan sekalian. Saya melakukan hanyalah untuk kepentingan dinas, ke depan kita tetap seduluran, seduluran selawase. Dimanapun saya berada kita tetap keep contact saling kontak, rekan-rekan tetap saudara saya, kerabat saya dan ini yang menambah banyak saudara- saudara saya dibeberapa tempat. Terimakasih atas segala dedikasi, loyalitas, pengorbanan  yang sudah rekan-rekan berikan,” tutup AKBP Donny.

AKBP Taufik menyampaikan suksesi kepemimpinan Kapolres Banyuwangi telah dilaksanakan dengan sukses dan lancar pada hari Jumat tanggal 9 Nopember 2018 yang lalu di Mapolda Jatim sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor 2494 tanggal 14 Oktober 2018.

“Suksesi kepemimpinan ini mempunyai konsekuensi hukum yang harus saya pertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara serta kepada Allah SWT. Amanah yang begitu besar dibarengi tanggunjawab besar pula. Tentunya niat dan kedatangan saya ke Polres Banyuwangi dalam menjalankan amanah dan tanggungjawab ini tentu tidak bisa berbuat sendirian. Maka saya meminta memohon dukungan dan kerjasama dari anggota, yang paling berat itu mempertanggungjawabkan segala amanah yang kita emban dalam membawa rekan-rekan sekalian,” ujar AKBP Taufik.

Lebih kanjut AKBP Taufik berharap apa yang telah diberikan oleh anggota kepada AKBP Donny, segala dukungan dedikasi, loyalitas juga diberikan kepada dirinya.

“Kita bersyukur dan berbangga bahwa AKBP Donny telah memberikan segala yang terbaik kepada Polres Banyuwangi agar Polres Banyuwangi dicintai, disegani dan dihormati oleh masyarakat dalam membina dan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban mayarakat. Berbagai inovasi dan capaian yang telah beliau capai dan rekan rekan sekalian ini patut disyukuri, bagaimana cara mensyukurinya yaitu dengan mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah dicapai selama ini.

AKBP Taufik juga berharap kepada anggota untuk tidak cepat berbangga diri, dia berharap ke depan bersama-sama bisa meningkatkan capaian dari status ZI WBK menjadi Wliayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tentunya hal itu dengan dukungan dari seluruh anggota yang ada di Polres Banyuwangi dan Polsek jajaran.

“Apa yang telah abang berikan kepada kami akan selalu kami ingat, selalu kami kenang. Semoga ke depan kartir AKBP Donny semakin sukses Kita doakan beliau mudah-mudahan beliau segera mendapat pangkat komisaris besar poilisi dalam waktu yang tidak terlalun lama lagi,“ doa dan harapan AKBP Taufik untuk AKBP Donny.

“Mengutip ajaran Ki hajar Dewantara, pertama ing ngarso sun tulodho bahwa AKBP Donny telah memberikan keteladanan kepada kami semua. Ing madyo mangun karso, Abang telah membangkitkan semangat dan motivasi kepada klami semua. Dan yang ketiga memberikan tutwuri handayani, memberikan bimbingan, petuah, nasehat dengan berbagai pengalaman yang ada. Tetap jalin dan pertahankan silaturahmi kita. Dunia ini sempit. Kita doakan kelak AKBP Donny menjadi Wakapolda atau Kapolda Jatim,” tutup AKBP Taufik.

Selesai apel dilanjutkan AKBP Donny dan Istri bersalaman kepada seluruh pejabat ujtama (PJU) dan anggota kemudian dilanjutkan dengan tradisi pedang pora. Pelepasan Kapolres AKBP Donny Adityawarman., S.H., S.I.K., M.Si dan istri dengan naik kerata kencana yang ditarik oleh Wakapolres Banyuwangi Kompol Oscar Syamsuddin., S.I.K., M.T. dan para Kabag, Kasat, Kasubbag, Kasi dan Kapolsek jajaran serta anggota Polres Banyuwangi dari depan gerbang Polres Banyuwangi sampai di perempatan Baluk Kebalenan Banyuwangi dalam suasana penuh khidmat dan diliputi rasa haru. Terlihat beberapa perwira dan anggota sampai menitikan air matanya dalam. (Humas_Resbwi.1311)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here