Solar Cell, Kapolres Trenggalek dan Senyum Mbah Sarmi

0
306

Titaniumnews – Mbah Sarmi sedang berbahagia. Perempuan yang sudah berusia lanjut dan tinggal di desa Jombok kecamatan Pule ini menerima batuan listrik solar cell dari Polres Trenggalek. Sebelumnya, rumah tempat ia menghabiskan waktu sehari-hari tersebut belum teraliri listrik sama sekali. Jangankan berlangganan listrik, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja sudah kesulitan namun sekarang tidak lagi.

Dengan bantuan solar cell yang menggunakan accu 65 ampere dan mampu menghasilkan listrik sebesar 50 WP atau setara 500 watt,  rumah Mbah Sarmi yang baru dua minggu lalu di bedah oleh Baznas Kabupaten Trenggalek tersebut menjadi lebih terang tanpa harus bingung membayar tagihan listrik.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S.I.K., M.H. yang hadir dan menyerahkan langsung solar cell mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada Mbah Sarmi semata-mata sebagai bentuk kepedulian jajaran Kepolisian khususnya Polres Trenggalek kepada masyarakat tak mampu di wilayahnya. Rabu (30/01)

AKBP Didit menuturkan di jaman serba internet seperti saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan utama. Tak bisa dibayangkan jika Mbah Sarmi hidup sehari-hari dalam kondisi gelap dan hanya menggunakan lampu minyak sebagai satu-satunya sumber penerangan.

Solar cell inilah yang kemudian menjadi solusi paling tepat dan efektif karena tidak membutuhkan biaya banyak namun terbukti sangat membantu memberikan energi listrik bagi penerangan di rumah mbah Sarmi dan bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga lainnya.

“Solar cell ini merupakan rakitan dari anggota Polres Trenggalek sendiri, Kasitipol Aiptu Widarto dan sudah beberapa yang kita distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan” Ujar AKBP Didit

Masih kata AKBP Didit, pemberian bantuan solar cell tersebut merupakan bagian dari program unggulan Polres Trenggalek yang bertajuk `Kami Peduli Sesama` yang disingkat KSP. Program KSP ini bergerak dalam bidang sosial yang mengedepankan empati dan simpati kepada masyarakat miskin dan kaum marjinal.

Kegiatannya, mulai dari memberikan bantuan berupa Sembako, bedah rumah hingga membantu warga yang sakit untuk berobat. Sedangkan untuk anggaran diambilkan dari program `Seru` atau seribu rupiah sehari yang dikumpulkan secara sukarela dari seluruh personel Polres dan Polsek. Hasilnya digunakan untuk menopang semua kegiatan program KSP tersebut.

Sementara itu, Mbah Sarmi merasa sangat terharu melihat rumahnya sudah tak lagi gelap. Terlebih saat menyaksikan Kapolres bersama tim berhasil menyalakan bola lampu melalui saklar yang dipasang di ruang tengah.

Mbah Sarmi berkali-kali mengucap syukur dan berterima kasih kepada AKBP Didit. Tak terasa sudut mata Mbah Sarmi berkaca-kaca seperti tak percaya hari ini ia bisa menikmati penerangan listrik dirumahnya. Sesuatu yang benar-benar tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

“Semoga bermanfaat ya Mbah” Ucap AKBP Didit

Dalam kesempatan tersebut turut hadir dan menyaksikan diantaranya, Kasabinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum, Kasubbaghuas Iptu Supadi, S.H., Kapolsek Pule, Iptu Suradji, S.H., M.H., Camat Pule yang diwakili Kasitrantib Subroto, Kasitpol Aiptu Widarto bersama tim, Kades Jombok Nursalim serta netizen mitra Polres Trenggalek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here