Sila Emas di Jember, Inisiasi Doa Lintas Agama Untuk Kedamaian NKRI

0
253

Titaniumnews.id. Jember – Forum Silaturahmi Lintas Agama, aliran kepercayaan dan elemen masyarakat (sila emas) menggelar silaturahmi dan doa bersama untuk kedamaian dan keutuhan NKRI di gedung Paroki HTSPM Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates, Jember. Selasa Malam (14/01).

Doa bersama ini melibatkan tokoh lintas agama dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha di Kota Suwar Suwir Jember.

Sejumlah tokoh dari berbagai agama yang hadir dalam acara ini. Mereka di antaranya adalah Gus Muis (FKUB), HM Misbahus Salam (Ketua Forum Pembaruan kebangsaan), Iganatius Sumarwiadi (Majelis Antar Agama), Romo Yulius A. Harianto (Pastur Kepala Paroki HTSPM), Sunardi (Ketua DPD LDII Jember) dan Romo Endi Ocarm (Romo Rekan).

Acara ini di inisiasi oleh Sila Emas sebagai bentuk nyata kebijaksanaan lintas tradisi dan wawasan yang luas adalah sikap toleran dan terbuka demi perkembangan hidup bersama secara harmoni dan damai dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jember Gus Muis dalam sambutanya mengatakan tradisi toleransi sudah terkikis oleh perkembangan zaman dimana generasi muda saat ini mulai kurang menjunjung tinggi nilai toleransi.

“Beberapa waktu ke depan Jember akan memasuki tahun politik dimana budaya kebaikan saat ini sudah terkikis oleh politik prakmatis, Kami berharap semoga pertemuan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga tercipta situasi yang harmonis,” tuturnya .

Hal senada juga diungkap Kapolres Jember AKBP. Alfian Nurrizal, S.H,S.I.K,M.Hum yang menyerukan untuk mewujudkan Pilkada Damai. Perbedaan pilihan tidak membuat kerukunan dan persatuan terpecah belah.

“Kami menghimbau jelang Pilkada Kabupaten Jember, tidak ada lagi penyebaran berita Hoax maupun Ujaran Kebencian”, Tegasnya.

Pihaknya akan berupaya maksimal dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di Jember. Menurutnya, Jabatan Kapolres Jember adalah amanah yang wajib ditunaikan dengan nilai ibadah.

“Dalam penguatan Harkamtibmas pada pelaksanaan pengamanan Natal bulan lalu, Kami telah mendatangkan Tim IT Densus 88, hal yang sama akan juga kami lakukan pada Pengamanan Pilkada Bupati Tahun 2020” Pungkasnya.

(Hadi/Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here