Selebrasi 10 Januari, Kapolres Jember : “Tanamkan Edukasi, Jaga Pohon Tetap Tegak Berdiri”

0
172

Titaniumnews.id. Jember – 10 Januari merupakan momentum Hari Satu Juta Pohon Dan Hari Lingkungan Hidup nasional menjadi sebuah kegiatan selebrasi Jajaran Kepolisian RI selalu dekat dengan pelestarian lingkungan. Sebuah gebrakan bombastis yang di inisiasi Polri di awal tahun 2020 melalui gerakan “Polri Peduli Penghijauan” untuk mewarisi hati cinta lingkungan.

Hari ini, Jumat pagi (10/01)Jajaran Kepolisian Resort Jember ikut bergerak serentak melaksanakan penanaman pohon dari lingkungan kantor, asrama Polri hingga lahan – lahan tidak produktif milik Polri, Perhutani maupun daerah rawan longsor dan banjir.

Kegiatan ini juga diwarnai dengan melibatkan anak- anak TK Kemala Bhyangkari dalam rangkaian kegiatan selebrasi dan edukasi anak-anak usia dini. Mengajak, memberi contoh, dan melibatkan mereka untuk belajar tentang penghijauan, sampah dan banjir.

Disisi lainnya, Penghijauan juga melibatkan penguatan sinergi bersama Unsur Muspika, TNI – Polri, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, Banser, Pramuka , Mahasiswa / Pelajar dan Relawan Lingkungan. Kegiatan penanaman 50000 Bibit Pohon Buah disiapkan dan diproyeksikan untuk lahan-lahan tersebut dan di sebar di seluruh Polsek Jajaran di Wilayah Kabupaten Jember. Salah satu diantaranya di pilih sebuah kawasan yang rawan bencana banjir.

“Pohon yang nantinya ditanam dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang. Tentunya ini sebuah langkah nyata Polri berbuat aksi yang lebih baik bagi Tanah Air , harapannya, populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor” tutur AKBP Alfian Nurrizal.

Pihaknya mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk mencintai, menanam dan merawat dengan beragam aksi langsung menjaga pohon untuk tetap tegak berdiri. Menyebarkan pohon-pohon kaya manfaat di berbagai tempat. Pohon – pohon yang mampu memproduksi dalam jumlah besar oksigen maupun memproduksi aneka buah untuk dinikmati hasilnya.

“Budaya menanam pohon untuk pemulihan alam dan membuat kita terhubung dengan sesama, baik yang hidup di masa sekarang maupun mereka yang hidup di masa lampau dan di masa mendatang” Imbuh Kapolres.

“Saat kita menanam bibit pohon yang mungkin bertahun – tahun tumbuh menjadi pohon dewasa, Kita merasakan indahnya janji masa depan dan hadiah yang Kita berikan bagi generasi yang belum lahir. Ini kegiatan yang sangat menyenangkan dan menjanjikan. Peduli penghijauan, benar- benar luar biasa”, Pungkasnya.

(Hadi/Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here