Satlantas Polres Trenggalek Dorong Pelajar Menjadi Pelopor Tertib Berlalu Lintas

0
102

Titaniumnews – Unitdikyasa Satlantas Polres Trenggalek didapuk sebagai salah satu pemateri utama dalam acara Pembinaan Pelajar Pelopor Tertib Berlalu Lintas yang diselenggarakan oleh dinas perhubungan Kabupaten Trenggalek di Hall Hotel Ja`as Permai. Senin (25/03)

Dalam acara yang diikuti oleh ratusan perwakilan pelajar sekolah menengah se-kabupaten Trenggalek tersebut, Kanitdikyasa Satlantas Iptu Agustyo, S.H. memaparkan tentang etika dan teretib berlalu lintas serta penjabaran tentang Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan.

“Kita sampaikan tentang pengetahuan dasar bagaimana etika berlalu lintas yang baik. Taat peraturan dan tertib berlalu lintas khususnya yang berkaitan dengan keselamatan berkendara” Ujar Iptu Agustyo.

Masih kata Iptu Agustyo, kegiatan pembinaan seperti ini sangat efektif untuk membentuk karakter para pelajar khususnya generasi millenial dengan metode penyampaian materi yang terbuka dan bersifat dialogis tanya jawab. Sehingga pemahaman tentang arti penting keselamatan berlalu lintas lebih mudah diterima oleh seluruh peserta.

“Seperti sering kali saya sampaikan di beberapa kesempatan bahwa generasi millenial masih menempati posisi tertinggi sebagai pelaku maupun korban kecelakaan lalu lintas. Ini yang harus menjadi atensi kita bersama, melibatkan semua pihak termasuk orang tua dan sekolah” Jelas Iptu Agustyo

“Kita paparkan juga tentang berbagai pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan seperti pengemudi yang menggunakan handphone, melawan arus, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, Pengendara dan penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara dalam keadaan mengkonsumsi narkoba/mabuk, serta pengemudi yang berkendara melebihi batas kecepatan” Imbuhnya

Selain dari Satlantas, para peserta juga menerima materi dari berbagai instansi lainnya seperti Dinas pendidikan, dinas perhubungan dan jasa raharja.

Sedangkan tujuan dari acara yang digelar dalam rangka pemilihan  pelajar pelopor keselamatan lalu lintas itu sendiri diantaranya adalah untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, mengurangi risiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan, menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan, menyebarluaskan informasi tentang keselamatan jalan kekalangan generasi muda melalui pelajar, serta memberikan penghargaan (reward) atas prestasi kepedulian dalam berlalu lintas yang tinggi untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here