Saat Polwan Jadi Tour Guide di Lokasi Wisata Trenggalek

0
344

Titaniumnews – Puluhan Polisi Wanita ikut dilibatkan dalam pengamanan tahun baru 2019 di Watulimo Trenggalek. Srikandi Bhayangkara tersebut secara khusus ditugaskan sebagai guider seperti halnya polisi pariwisata (Polpar) di kota-kota besar.

Pelibatan Polwan ini bukan tanpa sebab. Menurut Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. keberadaan Polwan akan memberi warna tersendiri bagi pengunjung lokasi wisata. Mereka ditempatkan pada beberapa titik lokasi wisata mulai dari Pantai Pasir putih, pantai Prigi, pantai Damas, hutan mangrove hingga area guwo lowo.

“Polwan lebih luwes dalam menghadapi situasi dengan kepadatan pengunjung seperti ini.” Ungkap AKBP Didit

“Agar masyarakat juga merasa lebih aman dan nyaman menikmati liburan” Imbuhnya

Tugas mereka pun pada dasarnya tidak lah mudah. Selain mengawasi dan berpatroli sesuai strall, mereka juga terlihat beberapa kali harus turun tangan mengingatkan pengunjung menggunakan pengeras suara yang berenang terlalu jauh ke tengah laut.

Tidak hanya itu, mereka pun harus rela pontang panting kesana kemari mengantar beberapa wisatawan yang tersesat atau terlepas dari rombongan. Maklum saja, di hari terakhir liburan Natal dan tahun baru ini pengunjung wisata di Trenggalek membludak hampir tiga kali lipat dari hari biasanya dan rata-rata merupakan wisatawan dari luar kota Trenggalek.

Salah Satu Polwan yang terlibat pengamanan Bripda Dyah Ayu menuturkan, dirinya bersama rekannya kebetulan mendapatkan tugas di hutan Mangrove Cengkrong. Sejak pagi, lokasi tersebut sudah dipadati oleh wisatawan. Ia pun tak segan-segan untuk menyapa dan berbincang dengan pengunjung untuk sekedar menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Bahkan tak jarang pengunjung yang justru minta foto bersama atau selfie.

“Sesuai dengan tugas yang diberikan, kita berupaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung yang datang. Sekaligus mencegah terjadinya kejahatan, seperti mengingatkan pengunjung untuk mengunci sepeda motor dan diparkir di tempat yang sudah ditentukan maupun menghimbau agar tidakk menggunakan perhiasan yang berlebihan.” Ujar Polwan yang sehari-hari berdinas di Satlantas Polres Trenggalek ini.

“Sejauh ini, asyik saja. Bertugas sekaligus refreshing” Pungkasnya seraya tersenyum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here