Putus Penularan Covid-19, 3802 Personel Gabungan Semprotkan Disinfektan Serentak di Provinsi Riau

0
191

Titaniumnews.id.Pekanbaru – Penyemprotan cairan disinfektan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara serentak digelar di 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Personel gabungan Polri, TNI maupun Pemerintah daerah, bersama-sama turun ke jalan dan perkampungan, Selasa (31/3/2020).

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, SH, MSi, mengatakan penyemprotan cairan disinfektan hari ini merupakan upaya bersama-sama semua pihak guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Terima kasih hari ini semua elemen masyarakat bergotong royong turun ke jalan, kampung, kantor, tempat ibadah dan sarana umum lain. Kegiatan yang dipimpin oleh Gubernur Riau selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini melibatkan 3802 personel gabungan TNI-POLRI-dan Elemen masyarakat. Didukung alat semprot manual ke perkampungan yang padat penduduk. Upaya yang dilakukan hari ini guna memutus penularan Covid-19 di Provinsi Riau yang kita cintai”. kata Kapolda Irjen Agung Setya Imam Effendi, disela-sela penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan ini diawali penyampaian apa saja upaya telah dilakukan Pemprov Riau oleh Gubernur Drs. H. Syamsuar, didampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effedi, serta Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Muhammad Fadjar, di Tugu Zapin, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Gubernur Riau menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI telah berjibaku mencegah penyebaran Covid-19 di lapangan guna menyelamatkan masyarakat.

“Semoga pelaksanaan kegiatan ini dengan didukung oleh sinergitas seluruh elemen masyarakat, Provinsi Riau mampu memutus penularan Covid-19”. tambah Gubernur Riau.

Penyemprotan secara serentak se-Riau ini, untuk Pekanbaru dibagi dalam empat zona, A, B, C dan Zona D. Zona A, tim pertama menyemprot disinfektan dengan rute Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jembatan Siak IV-Jalan Sudirman Ujung-Jalan Sembilang-Jalan Paus-Jalan Yos Sudarso-Universitas Lancang Kuning.

Sedangkan Tim Kedua di Zona A bertugas menyemprot mulai dari Tugu Zapin-Jalan Jendral Sudirman-Jalan Siak 4-Jalan Sembilang-Jalan Kayangan-Jalan Yos Sudarso dan RSDC

Sementara itu, Zona B Tim I meliputi Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Arifin Ahmad-Jalan Soekarno Hatta-Pasar Pagi Arengka. Sedangkan Tim II meliputi Tugu Zapin-Jalan Jendral Sudirman-Jalan KRD Nasution-Universitas Islam Riau (UIR).

Zona C, Tim I dengan rute Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai-Tugu Songket-Jalan SM Amin-Jalan HR soebrantas-UIN Suska. Tim II Zona C mulai dari Tugu Zapin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan soekarno-hatta-Jalan Riau-Polsek Payung Sekaki.

Selain itu, Zona D  Tim I meliputi Tugu Zapin-Jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro-Jalan Hangtuah-Plaza ternak. Tim II meliputi Tugu Zapin-Jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro-Jalan Imam Munandar-Tribun Pekanbaru.

“Zona A dari Tugu Zapin menuju Rumbai Pesisir menyusuri jembatan Siak IV, Zona B dari Pekanbaru kota menuju Marpoyan Damai lanjut menuju pemukiman di Bukit Raya. Zona C dari Pekanbaru kota menuju Tampan dan dari tampan menuju wilayah Payung Sekaki. Terakhir Zona D dari Pekanbaru kota menuju Harapan Raya. Tim juga melaksanakan penyemprotan terhadap pemukiman masyarakat yang ada di belakang Mall Living Wolrd.” Terang Kapolda Riau

Jumlah personel yang dilibatkan adalah 3.802 orang dengan rincian 200 Personil Polda Riau, 1.655 Polres Jajaran, 408 personil TNI, 197 Personil BPBD, 147 Personil PMK, 357 Personil Satpol PP, 480 Personil dari Relawan dan Banser serta didukung oleh 358 orang Tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Peralatan yang diterjunkan berupa kendaraan 21 unit Mobil AWC,  113 unit Ran Public Addres Binmas, 1 unit Ran KBR Brimob, 22 unit Ran Public Addres Lantas, 45 unit Ran PMK, dan 152 unit Ran Double . Tidak lupa semua personil menggunakan alat perlengkapan perlindungan berupa 1.325 kotak masker, 321 unit APD, 501 Unit Hand sprayer, 50 unit Alat semprot dan menghabiskan cairan desinfektan dengan total keseluruhan 59,7 TON.

“Semua personel dan perlengkapan tersebut bergerak secara serentak di seluruh wilayah di provinsi Riau sesuai rute yang telah ditentukan hingga ke pelosok perkampungan padat penduduk guna memutus penularan Covid-19 di Provinsi Riau,” Pungkas Kapolda Riau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here