Presisi Bidang Lalu Lintas, Kapolda Pabar Dukung Penuh ETLE Program Ditlantas

0
1662

Titaniumnews.id.Papua Barat – Guna memaksimalkan program Presisi Kapolri dalam bidang kelalulintasan, Dirlantas Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian Kokrosono S.IK., bersama sejumlah Anggotanya menemui Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing S.IK., M.Si. Selasa (23/2/2021)

Mengambil tempat di ruang Kapolda, Dirlantas memaparkan pelaksanaan program 100 hari Kapolri bidang Lalu lintas melalui ETLE atau Electronik Law Enforcement Nasional.

Kapolda Irjen Pol Turnagogo Sihombing pun menyambut baik program tersebut. Kapolda juga berharap penerapan ETLE agar dapat maksimal dilaksanakan dan segera dilaunching pada bulan April mendatang.

“Kami mendukung penuh akselerasi program 100 hari Kapolri, transformasi menuju Polri yang Presisi ini melalui bidang kelalulintasan yakni tilang elektronik. Dan diharapkan dapat terwujud untuk mendisiplinkan masyarakat pengguna jalan raya khususnya di wilayah hukum Papua Barat” Kata Kapolda.

Selain itu Kapolda juga berharap Ditlantas dapat memaksimalkan serta mengembangkan aplikasi dan program ETLE sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah Papua Barat.

Pada kesempatan tersebut, Dirlantas Kombes Pol Raydian Kokrosono menyampaikan hal pertama yang dilakukan adalah pembangunan Ruang RTMC sebagai pusat back office program ETLE.

Sistem penegakan hukum electronic traffic law enforcement (E-TLE) sendiri merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi, dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis (Automatic Number Plate Recognition)

“Dengan adanya kamera ETLE yang pada launching pertama nanti ditempatkan di dua tempat strategis yakni di Sorong Kota dan Manokwari, kepolisian akan dibantu dengan perangkat kamera yang didukung dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam mengawasi pelanggaran lalu lintas dengan kamera yang terkoneksi dengan RTMC Ditlantas Polda Pabar” Tandas Kombes Pol Raydian Kokrosono. (Innitya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here