Predikat Pelayanan Prima, Polresta Malang Kota Terima Penghargaan Kemenpan-RB

0
1945

Titaniummews.id.Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan predikat pelayanan prima kepada 12 Polres di Indonesia. Polres yang mendapat penghargaan sebagai reward terciptanya pelayanan publik kategori pelayanan prima tahun 2020 tersebut yakni Polresta Malang Kota.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata S.Sos., S.IK., M.H. menerima penghargaan yang diberikan langsung Menpan-RB Tjahjo Kumolo di ruang utama Mabes Polri yang dihadiri Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Selasa (16/2/2021).

Selaku Menpan-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan Kemenpan-RB melakukan evaluasi setiap tahunnya terkait reformasi birokrasi pelayanan publik. Dan pada tahun 2020, Kementerian telah menilai setidaknya 209 unit layanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro.

“Visi-misi Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa,” kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo.

Adapun aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan dan evaluasi atas kinerja pelayanan publik khususnya di internal Kepolisian.

Kapolri pun akan berupaya terus untuk meningkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul pelayanan yang diharapkan masyarakat khususnya memangkas birokrasi.

Oleh sebab itu, Polri, kata Jenderal Sigit sudah membuat Road Map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024.

“Inovasi bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata sesaat setelah menerima penghargaan mengatakan rasa bangga dan syukurnya atas penghargaan yang diterima Polresta yang dipimpinnya.

Kombes Pol Leonardus Simarmata mengharapkan dengan diterimanya penghargaan tersebut dapat dijadikan sebagai pelecut semangat Polri khususnya bagi Jajaran Polresta Malang Kota agar semakin terpacu meningkatkan pelayanan prima, sehingga masyarakat merasakan kemudahan dalam pelayanan yang diberikan pihak Kepolisian.

“Ucap syukur kami menerima penghargaan sebagai polres dengan predikat pelayanan prima ini. Dan tentunya ini sebagai sebuah upaya kami dari Polri khususnya Jajaran Polresta Malang Kota. Kedepan semoga dengan menerima penghargaan ini dapat menjadi pelecut semangat kami sebagai pelayan, pengayom dan pelindung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas” Tutur Kombes Pol Leonardus Simarmata. (Innitya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here