Polwan Polresta Banyuwangi Berikan Trauma Healing dan Bansos Korban Banjir Bandang Kalibaru

0
197

Titaniumnews.id.Banyuwangi – Polresta Banyuwangi Polda Jatim menerjunkan puluhan personel Polwan (Polisi Wanita) untuk memberikan trauma healing kepada korban banjir bandang di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Jumat (9/12/2022).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa melalui Kasi Humas Polresta Banyuwangi Iptu Agus Winarno mengatakan, banjir bandang yang menerjang Kecamatan Kalibaru pada Kamis (3/11/2022) lalu, bisa memicu trauma bagi korban, terutama anak-anak. Apalagi mereka harus mengungsi, tentunya sangat berpengaruh pada psikologis.

Untuk itu, kata Agus, sebanyak 25 personel Polwan diterjunkan ke lokasi banjir bandang untuk memberikan trauma healing kepada anak-anak korban.

“Anak-anak korban banjir bandang ini, diajak bermain untuk menghilangkan trauma mereka. Mereka juga dibagikan sejumlah hadiah. Harapannya, agar mereka kembali ceria seperti sedia kala,” kata Iptu Agus, Sabtu (10/12/2022).

Tak hanya itu, para Srikandi Polresta Banyuwangi ini dibantu personel Polsek Kalibaru menyerahkan bantuan sembako kepada korban terdampak banjir.

“Polwan Polresta Banyuwangi juga membantu kegiatan tim kesehatan dengan mendata nama warga yang terdampak banjir, yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Puluhan Polwan ini juga mendampingi warga terdampak banjir berusia dewasa saat Tim konselor Polresta Banyuwangi melakukan konseling kepada mereka.

“Biasanya korban mengalami tekanan psikis. Makanya kita laksanakan kegiatan motivasi dan membangkitkan semangat korban. Semoga trauma healing ini dapat membantu menghilangkan trauma mereka,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Banjir Bandang Kalibaru itu menerjang 62 rumah di Kalibaru Wetan yang rusak akibat banjir bandang. Rinciannya, 36 rusak berat, 13 rusak sedang, 13 rusak ringan. Selain itu puluhan ternak juga dilaporkan mati terseret banjir. (Tyo_1012)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here