Polresta Banyuwangi Raih Peringkat Kedua Pelaksanaan Operasi Amanusa 2019

0
199

Titaniumnews.id.Banyuwangi : Polresta Banyuwangi meraih predikat terbaik kedua dalam Operasi Aman Semeru 2019. Operasi yang digelar sejak 14-20 Desember 2019 ini, berhasil mengungkap 70 kasus kriminalitas dengan 56 tersangka.

Pada peringkat pertama diraih oleh Polrestabes Surabaya. Selama sepekan dalam operasi tersebut, Polrestabes Surabaya mengungkap 111 kasus dengan 108 tersangka. Peringkat ketiga adalah Polres Gresik 68 kasus dengan 75 tersangka dan peringkat keempat yakni Polres Pasuruan dengan 60 kasus dan 61 tersangka.

“Ini ikhtiar kami memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di Banyuwangi. Pengungkapan kasus dan penangkapan tersangka tersebut dilakukan menjelang natal dan tahun baru agar tak ada gejolak di lapangan,” ujar Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin, Minggu (22/12).

Untuk pengungkapan 70 kasus kriminalitas dengan 56 tersangka ini, terbagi dari kasus pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan penyalahgunaan Narkoba.

“Pengungkapan dibagi menjadi dua yakni Target Operasi (TO) dan Non Target Operasi (non TO). Paling banyak adalah Narkoba untuk non TO. Sepekan ada 17 kasus dan 17 tersangka yang berhasil kita amankan,” imbuh Kapolresta Banyuwangi.

Sementara kasus Curat, Polresta Banyuwangi mengungkap 5 kasus dengan 5 tersangka yang merupakan TO. Sementara untuk non TO sebanyak 16 kasus yang ditangani dengan 13 tersengka yang diamankan.

Sedangkan Curas 1 kasus dengan 1 tersangka. Sementara Curanmor diungkap 2 kasus dengan 2 tersangka yang merupakan TO. Sementara non TO terungkap 20 kasus dengan 9 tersangka.

“Prioritas kami adalah menciptakan kondisi aman dan tentram di Banyuwangi. Kegiatan pengamanan dan Patroli Kamtibmas terus kita lakukan di Polsek dan Polresta,” pungkasnya.

Data dari Polda Jawa Timur selama digelar operasi Aman 2019 total dari 40 Resor di Jatim terdapat kasus 721 kasus dengan 773 tersangka yang berhasil diamankan. (Tyo_2212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here