Polresta Banyuwangi Luncurkan WiFi Berjalan, Bantu Ringankan Beban Siswa

0
1960

Titanium.News.Id.Banyuwnagi – Dalam rangka membantu pembelajaran sistem online atau belajar daring serta mempermudah akses internet, Polresta Banyuwangi Jawa Timur meluncurkan WiFi berjalan dengan menyulap motor Bhabinkamtibmas menjadi motor pintar.

WiFi berjalan ini merupakan inovasi pertama di Banyuwangi yang diluncurkan polisi untuk menjawab kebutuhan wali murid atas keluhan mahalnya paket data untuk belajar di rumah.

WiFi gratis ini tersedia dalam dua bentuk. Pertama, tersedia selama 24 jam disetiap jajaran polsek. Selanjutnya untuk menjangkau daerah pelosok, Polresta Banyuwangi telah menyediakan mobil dan motor yang telah disulap menjadi perantara WiFi berjalan.

“Ini bentuk upaya dan kepedulian kita untuk turut serta membantu dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19,” kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin pada launching Banyuwangi Tangguh, Senin (10/8).

Sejak pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia meniadakan kegiatan belajar-mengajar tatap muka dalam kelas. Untuk menghindari penularan, para siswa mengikuti pembelajaran non tatap muka dari rumah masing-masing (daring).

Seiring berjalannya waktu, sistem pembelajaran online ini banyak dikeluhkan oleh wali murid. Mereka mengaku harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli paket data.

“Kita luncurkan ini atas keluhan dari masyarakat. Baik yang mengeluh soal akses sinyal yang sulit, maupun dikarenakan orang tua siswa tidak mampu membeli paket data,” ujar Kapolresta Banyuwangi.

Sebab itulah, Polresta Banyuwangi berinisiatif untuk memodifikasi sepeda motor Bhabinkamtibmas menjadi WiFi berjalan. Secara bertahap, akses internet berjalan ini secepatnya akan tersedia di 24 kecamatan yang ada.

Sementara ini, baru 12 motor Bhabinkamtibmas yang sudah dilengkapi fasilitas WiFi.

“Bhabinkamtibmas bersama Babinsa adalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu kita fasilitasi kendaraan operasional dengan seperangkat alat yang menyediakan jaringan internet gratis,” jelas Kombes Pol Arman Asmara.

Untuk pemerataan akses internet berjalan ini, Bhabinkamtibmas setiap hari akan berkeliling dari sudut-sudut perkampungan. Untuk memberikan fasilitas kepada siswa-siswi yang akan melangsungkan pembelajaran online.

“Bhabinkamtibmas bersama Babinsa akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan desa, untuk memetakan wilayah mana saja yang sulit mengakses internet. Sekaligus untuk mengetahui jadwal pembelajaran online siswa,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Polresta Banyuwangi juga meluncurkan Elektronik Kampung Tangguh serta penggunaan Thermal Scanner Gate sebagai pengganti Thermogun.

“Selain peluncuran WiFi berjalan ini, Polresta Banyuwangi juga meluncurkan mobil Polantas yang akan berkeliling untuk mendisiplinkan kembali masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Dengan program-program ini kita berharap penyebaran Covid-19 bisa ditekan,” tutup Kapolresta Banyuwangi. (Tyo_1008)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here