Polresta Banyuwangi Gelar OPerasi Yustisi Disiplinkan Masyarakat untuk Terapkan Prokes

0
740

Titaniumnews.id.Banyuwangi – Polresta Banyuwangi dan Satgas Penanganan Covid-19 pada hari Minggu 24 Januari 2021 Pukul 20.30 Wib s/d selesai bertempat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Banyuwangi meksanakan Apel Gabungan dan dilanjutkan Operasi Yustisi Secara Mobile ke Tempat Keramaian di Taman Belambangan dan Taman Sritanjung Banyuwangi.

Inspektur polisi dua (Ipda) Agus Purnomo, S.H. selaku perwira pengendali kegiatan tersebut menyampaikan bahwa operasi yustisi yang dilaksanakan tersebut sekaligus bentuk implementasi dari Inpres Nomor 06 Tahun 2020 dan Perda Nomor 2 Tahun 2020 Provinsi Jawa Timur tentang perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan kententeraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta pelaksanaan Peraturan Gubernur Jatim No 53/2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Operasi yustisiini sebagai upaya penertiban dan edukasi peningkatan disiplin kepada masyarakat guna menerapkan protokol kesehatan secara masif dalam setiap aktifitas masyarakat guna mencegah, mengurangi resiko penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyuwangi,” ujar Ipda Agus Purnomo.

Lebih lanjut perwira yang setiap harinya sebagai Kanit Pamobvit Satsabhara Polresta Banyuwangi tersebut menyampaikan bahwa dalam kegiatan pendisiplinan masyarakat mengerahkan anggota Polri sebanyak 20 personil, TNI-AD 5 personil, TNI-AL 5 personil, Satpol PP : 10 personil, Banser 5 personil, BPBD 3 personil, dan Senkom 3 personil.

Dalam operasi yustisi ini para petugas melakukan pembagian masker kepada masyarakat dan melakukan kampanye penerapan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan) yang sudah ditetapkan sebagai kebiasaan baru ditengah Pandemi Covid-19 guna mencegah, mengurangi resiko penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

“Pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, dengan dilakukan penegakkan hukum melalui sidang di tempat sesuai Peraturan Gubernur Jatim No 53/2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan telah menindak 53 orang dengan teguran biasa/lisan dan 1 orang dengan tindakan dispilin,” papar Ipda Budi.

Kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar ke depan Polri dan stake holder terkait mampu meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan sehingga laju persebaran Covid-19 bisa dikurangi. (Tyo_2501)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here