Polresta Banyuwangi Gelar Kesiapsiagaan dan Tanggap Bencana

0
102

Titaniumnews.id.Banyuwangi – Polresta Banyuwangi  mengantisipasi kemungkinan bencana dalam musim hujan melakukan pegecekan dan kesiapsiagaan personil Polresta Banyuwangi dan instansi terkait dalam kesiap siagaan  bencana alam di Banyuwangi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (03/01)  kemarin bertempat di lapangan Stadion Diponegoro dan Posko Siaga Bencana  Banyuwangi dengan diikuti oleh instansi terkait diantaanya Polri, TNI, BPBD, Kesehatan dan instansi terkait. Dalam kegiatan tersebut bukan sekedar koordinasi, konsolidasi dengan instansi terkait namun dilakukan pergelaran personil dan peralatan tanggap bencana.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin menyampaikan bahwa Polresta Banyuwangi telah melakukan pemetaan daerah rawan bencana, mengecek kesiapan personil dan perlengkapan peralatan tanggap bencana, selain itu juga telah melakukan Patroli yang melibatkan Polsek jajaran dan instansi terkait dengan sasaran daerah daerah rawan bencana alam. Dan yang terpenting adalah kesiapan Posko gabungan untuk mempermudah dan kecepatan dalam penanganan tanggap dan rawan bencana apabila benar benar terjadi bencana nantinya.

“Kami telah melakukan pemetaan daerah daerah yang rawan bencana, mengecek kesiapan personil dan perlengkapan peralatan tanggap bencana yang kita miliki, selain itu juga telah melakukan patroli gabungan yang melibatkan Polsek jajaran dan instansi terkait dengan sasaran daerah daerah yang berpotensi terjadi bencana alam. Dari rangkaian kegiatan ini yang terpenting adalah bagaimana kesiapan Posko gabungan untuk mempermudah, percepatan dalam penanganan tanggap dan rawan bencana apabila benar benar terjadi bencana nantinya namun demikian saya berharap Banyuwangi aman kondusif tanpa bencana,” terang Kombes Pol Arman Asmara.

Dalam kegiatan tersebut digelar bagaimana alur SOP (standart opersional prosedur) dan HTCK (hubungan tata cara kerja) antar instansi terkait mulai dari apel kesiapan patrol oleh anggota Dalmas, kegiatan pengamanan Mako Polresta Banyuwangi dan Pengamanan Obyek Vital, Kesiapan Unit K-9 mulai dari bagaimana piket kandang, kesehatan hewan, pemberian makan dan pembersihan kandang anjing K-9.

Anggota Dalmas melakukan patroli memantau situasi di wilayah hukum Polresta Banyuwangi dengan  terkosentrasi di Pos 8.0 Jalan Susuit Tubun Banyuwangi. Selain itu pendirian  Pos Sari, yang diawaki oleh anggota Pam Obvit, dengan melaksanakan Giat patroli siang hari antisipasi 3C, Perbankan dan tempat-tempat keramaian termasuk patrol siang hari gardu Listrik PLN Lingk. Kluncing Kec. Giri Banyuwangi. Dan BKO PT.BSI (Tambang Emas), Anggota Dalmas melaksanakan apel dalam rangka pengamanan terhadap Objek Vital Nasional PT BSI.

“Dengan digelarnya kegiatan ini maka semakin meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar instansi terkait, pemahaman anggota di lapangan semakin meningkat tentang tugas pokok, alur penanganan bencana SOP dan HTCK penanganan bencana,” tegas Kapolresta Banyuwangi. (Tyo_0104)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here