Polres Trenggalek Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik Tahun 2018

0
331

Polres Trenggalek -Kepolisian Resort Trenggalek kembali menerima penghargaan dalam bidang pelayanan publik oleh Kementerian PANRB. Penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik Tahun 2018 tersebut diberikan langsung oleh Menteri PANRB Drs. Safruddin, M.Si. kepada Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S., S.I.K., M.H. di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta. Selasa (11/12).

Dalam sambutannya, Menteri PANRB menegaskan, negara ini membutuhkan inovasi yang tujuannya melayani publik karena masyarakat semakin pintar dan kritis. Pihaknya memberikan apresiasi kepada Polri dan segenap jajaran kasatwil, yang telah berupaya sekuat tenaga, bahu – membahu, menciptakan perubahan kinerja, yang tentu berbasis pada pelayanan publik.

Terdapat enam aspek yang dinilai, yakni kebijakan pelayanan, profesionalitas SDM, inovasi, sarana prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), serta konsultasi dan pengaduan. Dalam mengevaluasi kinerja korps Tri Brata ini, ada juga enam prinsip yang dinilai. Prinsip-prinsip itu adalah keadilan, partisipasi, akuntabilitas, transparansi, berdayaguna, dan aksesibilitas.

Indikator penilaiannya adalah persilangan antara aspek dan prinsip tersebut. Angka indeks yang dihasilkan merupakan komposit dari berbagai data, baik data primer dan sekunder serta data obyektif maupun persepsi.

Dihubungi terpisah, AKBP Didit mengatakan, penghargaan yang diterima tersebut merupakan buah kerja keras dari seluruh personel jajaran Polres Trenggalek. Komitmen kuat yang digaungkan terus menerus untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik benar-benar di jalankan dengan baik.

“Penghargaan ini tak lepas dari kegigihan, semangat dan kerja keras semua anggota Polres Trenggalek. Terima kasih semuanya.” Kata AKBP Didit

Dengan penghargaan tersebut AKBP Didit berharap bisa lebih memacu dedikasi dan integritas jajarannya untuk mempertahankan bahkan lebih ditingkatkan khususnya terkait dengan kualitas pelayanan publik.

“Jadikan penghargaan ini sebagai pelecut semangat untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat kabupaten Trenggalek” imbuhnya

Lebih lanjut AKBP Didit mengungkapkan, selain komitmen, kunci dari keberhasilan ini adalah rasa soliditas yang kuat sebagai sesama anggota Polri. Meskipun berbeda satuan namun dalam pelaksanaannya satu sama lain saling mendukung.

“Kebanggan bukan hanya milik Kepolisian tetapi juga masyarakat Kabupaten Trenggalek. ini sekaligus membuktikan bahwa kita mampu bersaing dan bersanding dengan kota besar lainnya di Indonesia. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk seluruh personel dan masyarakat Kabupaten Trenggalek” Pungkasnya

Sebagai informasi, sehari sebelumnya, Polres Trenggalek juga menerima apresiasi dan anugerah Zona Integritas (ZI) dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PANRB di Golden Ballroom The Sultan Hotel & Residence Jakarta bersama dengan puluhan Polres jajaran se-Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here