Polres Probolinggo Siap Siaga Dirikan Posko Antisipasi Bencana

0
466

Titaniumnews – Bencana alam yang menerjang wilayah Jawa Timur pada awal bulan Maret ini memang terbilang ekstrim. Tak hanya banjir, puting beliung, tanah retak hingga longsor pun terjadi di 15 kota dan Kabupaten di Jawa Timur. Bukan saja kerugian materiil, bencana banjir dan longsor juga sering kali menyisakan trauma bagi korban terdampak bencana tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto SH SIK bergerak cepat mengambil langkah awal atau pertolongan pertama penanganan bencana dengan mendirikan Posko antisipasi bencana alam. Posko tersebut didirikan di halaman Mapolres lengkap dengan segala perlengkapan bilamana bencana datang. Jumat (8/3/2019).

AKBP Eddwi Kurniyanto menjelaskan, Posko yang didirikan tersebut selain anggota satgas bencana yang siap siaga juga dilengkapi berbagai peralatan sigap bencana, diantaranya perahu karet, Genset, life jaket dan pelampung.

“Selain peralatan evakuasi, ambulance, peralatan medis kami siapkan dari mulai obat-obatan P3K, tenda lipat, tabung oksigen dan lain sebagainya” Jelas AKBP Eddwi Kurniyanto.

Menghadapi medan yang sulit diwilayah Probolinggo, mantan Kabagops Polrestabes Surabaya ini juga menyiapkan transportasi motor trail, diharapkan dengan kendaraan R2 yang bisa menembus terjal bebatuan dan pasir itu, bilamana ada daerah terdampak bencana dipelosok desa pun bisa segera tertangani dengan cepat.

Dalam arahan yang disampaikan dihadapan PJU Polres dan Anggotanya, AKBP Eddwi Kurniyanto mengungkapkan doa semoga wilayah Probolinggo tidak ada bencana alam, namun sebagai antisipasi terutama yang memiliki potensi rawan bencana, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus yang sewaktu-waktu langsung turun ke lokasi bencana dengan peralatan lengkap.

“Dan Posko didirkan agar bisa bergerak cepat dalam memberikan bantuan. Kita persiapkan kelengkapan untuk menghadapi apabila terjadi bencana alam di wilayah Probolinggo” Pungkasnya. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here