Polres Banyuwangi, Siagakan Tim Tanggap Bencana

0
245

Titaniumnews – Kesiapan Kepolisian Resort (Polres) Banyuwangi menyiapkan 2/3 personil dan sejumlah peralatan sarana prasarana untuk penanggulangan bencana di wilayah Banyuwangi. Kapolres Banyuwangi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufik Herdiansyah Zeinardi., S.I.K., S.H., M.H. memimpin Upacara Apel Siaga Penanggulangan Bencana Wilayah Banyuwangi di halaman Mapolres Banyuwangi, Selasa (27/11).

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik menyampaikan bahwa perlunya kesiapan terhadap mitigasi bencana bukan pada saat terjadinya bencana, namun jauh sebelum terjadinya bencana tersebut memerlukan kesiapan dan antisipasi guna mengurangi dampak resiko yang lebih besar.

“Kita ingin mengecek sejauh mana kesiapan sarana prasarana, personil, dan tata kerjanya. Kita itu siap bukan saat terjadinya saja sebenarnya, harusnya kita bertindak jauh hari sebelum kejadian agar bisa dicegah dan diminimalisir dengan berbagai cara seperti melakukan patroli,”tutur Kapolres Banyuwangi.

Lebih lanjut AKBP Taufik masyarakat perlu melakukan pengecekan situasi yang ada, menebang pohon yang sudah tua, serta sosialisasi di wilayah-wilayah yang rawan terhadap terdampak dan berpotensi terjadi bencana.

Selain itu, Polres Banyuwangi juga melakukan pemetaan di wilayah rawan bencana seperti kawasan pegunungan, perairan, dan wilayah lainnya. Polres Banyuwangi juga menyiapkan anggotanya di wilayah-wilayah rawan bencana.

“Sedikitnya, 2/3 personil kita siap siagakan di wilayah rawan bencana,” tegas AKBP Taufik Herdiansyah.

Bahkan, kepolisian juga menyiapkan alat identifikasi, perahu karet, penerangan, dan sarana prasarana lainnya. Sehingga, ketika terjadi bencana Polres Banyuwangi sudah siap membackup, penanganan dan penanggulangan bencana. (Humas_Resbwi.2711)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here