Polres Banyuwangi Gelar Upacara Bela Negara Ke-70

0
307

Titaniumnews – Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Banyuwangi Komisaris Polisi (Kompol) Oskar Syamsuddin., S.I.K., M.T., memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 di lapangan Polres Banyuwangi. Kompol Oskar bertindak sebagai inspektur upacara dan Komandan Upacara oleh Kaurbinopsnal Satlantas Iptu Dalyono.

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara oleh seluruh peserta upacara. Wakapolres Banyuwangi kemudian membacakan amanat bela negara dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Hari Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela negara, tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,” kata Kompol Oskar membacakan amanat dari Jokowi, Rabu (19/12).

“Sebagai negara besar dengan penduduk terbanyak keempat di dunia serta negara maritim dengan ribuan pulau bangsa yang Bhinneka dalam suku ras dan agama kita bersyukur bahwa negara kita tetap rukun damai dan bersatu,” lanjut dia.

Jokowi, seperti amanat yang dibacakan Wakapolres Banyuwangi, kemudian menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melakukan aksi bela negara. Tak hanya TNI-Polri, profesi guru juga dimaknai sebagai bela negara.

“Mereka yang mengajar walaupun bukan guru, yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan, banyak mereka yang mendampingi masyarakat untuk berwirausaha tanpa berniat mengambil manfaat dari masyarakat. Inilah sebuah bentuk dari bela negara yang patut kita apresiasi,” jelas Kompol Oskar.

Acara ini dihadiri para pejabat utama Polres Banyuwangi, Kapolsek jajaran, perwakilan Anggota Polsek, Anggota Polres Banyuwangi dan ASN Polri Polres  Banyuwangi.

Hari Bela Negara diperingati setiap 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948. (Humas_Resbwi.1912)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here