Pesona Goa Akbar Makin Memikat Wisatawan di Bumi Wali

0
456

Titaniumnews – Selain dikenal dengan sebutan Bumi Wali, Kabupaten Tuban juga dikenal dengan kota 1000 Goa. Hal ini dikarenakan banyaknya Goa yang menyebar di berbagai wilayah di Kabupaten Tuban, meskipun tidak semuanya layak untuk menjadi obyek wisata. Salah satu Goa yang dikenal cukup indah dan bersejarah adalah Goa Akbar. Goa alami yang terletetak di pusat keramaian Kota Tuban.

Secara Geografis, Goa Akbar terletak di kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Tempat yang telah menjadi salah satu wisata unggulan Kabupaten Tuban ini cukup diminati para traveler dari berbagai kota. Bukan hanya tempatnya saja yang strategis, namun keindahan serta kealamian goa ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Goa Akbar telah menjadi salah satu daya pikat bagi wisatawan untuk datang dan berwisata di Bumi Wali. Pada data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, terhitung pada tahun 2017 saja jumlah wisatawan di Kabupaten Tuban mencapai 5.802.714 wisatawan domestik dan 604 wisatawan dari manca negara.

Seorang penjaga wisata Goa Akbar, Ardi mengatakan bahwa Goa Akbar merupakan pesona alam asli bukan buatan. Goa tersebut memiliki banyak sekali nilai sejarah dan legenda di dalamnya. Oleh karenanya, dengan mengunjungi Goa Akbar, kita tidak hanya menikmati keindahan Goa, tapi juga sedang menapak sejarah.

“Goa ini bukanlah goa buatan, asli dan dulunya Goa ini juga sebagai tempat latihan para prajurit pada zaman kerajaan Majapahit. Selain itu, banyak sekali sejarah di Kabupaten Tuban yang berkaitan dengan Goa Akbar,” kata Ardi saat ditemui kabartuban.com di lokasi wisata Goa Akbar.

Senada dengan Ardi, seorang pemerhati wisata Tuban mengatakan, Goa yang terletak di belakang Pasar Baru Tuban ini memiliki banyak legenda yang dapat dipadukan dengan kepercayaan dan perkiraan sejarah. Seperti dua buah batu di Mushola pada sisi kiri pintu keluar Goa. Jika agak diperhatikan, kedua patung ini mirip dengan bentuk singa.

“Dipercaya, kedua singa ini diperintahkan untuk menjaga Goa. Sebuah ruang yang sangat luas di dalam Goa juga disebut sebagai Paseban Para Wali, di tempat itu wali songo pernah berkumpul,” kata Muchlish yang pernah menjadi anggota DPRD Tuban ini.

Memasuki tempat wisata satu ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cukup dengan membayar 5000 rupiah saja pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Goa Akbar. Sebelum memasuki goa, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan taman markisa dan juga terdapat banyak burung yang beraneka ragam jenisnya.

Menyusuri Goa Akbar, tim kabartuban.com bebarengan dengan banyak rombongan dari luar kota. Di antaranya rombongan ibu Tiana dari kota Blitar. Perempuan paruh baya ini mengatakan sangat penasaran dengan tempat ini, sehingga ia rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat keindahan Goa Akbar.

“Saya penasaran ingin tahu Goa Akbar di Tuban ini. Sampai di sini, saya benar – benar terkesan. Selain keindahan Goa, tempat ini ternyata menyimpan fakta sejarah yang luar biasa,” kata bu Tian sembari menyusuri keindahan Goa Akbar.

Senada dengan ibu Tian, pengunjung lain Ferdi mengatakan, Goa ini memang sangat layak untuk dikunjungi dan menjadi salah satu pesona Nusantara. Wisata alam yang cukup luar biasa.

“Goa ini bagus dan beda dengan Goa lain pada umumnya. Selain sajian stalagtit dan stalakmit yang indah goa ini juga memiliki mata air yang sangat menyejukkan. Tidak hanya itu, di dalam goa ini juga terdapat berbagai jenis ikan hias dan ratusan kelelawar pada dinding-dinding goa yang menambah pesona keindahan wisata alam ini,” kata Ferdi.

Berkunjung di Goa Akbar, wisatawan juga akan disuguhkan berbagai souvenir khas Bumi Wali. Setelah menikmati pesona alam Goa Akbar, pengunjung akan disambut para pedagang khas Tuban seperti aneka souvenir, batik gedog, Siwalan, dan berbagai macam kuliner khas Bumi Wali. (adv/dia/im)

sumber : Kabar Tuban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here