Peringati HPSN Ala Kapolres Probolinggo, Punguti Sampah di Pesisir Pantai Duta

0
292

Titaniumnews – Seperti diketahui bersama, tanggal 21 Februari ditetapkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Hal tersebut dilandasi atas kejadian bencana atau peristiwa yang terjadi di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 silam, dimana banyak warga tertimbun longsoran jutaan kubik sampah.

Menyikapi hal tersebut, Jajaran Polres Probolinggo yang dipimpin langsung Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto SIK SH bersama Pokja Jurnalis Kraksaan melaksanakan bersih-bersih sampah di Pantai Duta, Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kamis (21/2/2019). Aksi tersebut juga merupakan bagian dari kampanye, mengedukasi pengunjung dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan Berbekal sarung tangan, sapu dan tempat sampah, puluhan Jurnalis, anggota Polres, Bhayangkari dan warga sekitar memunguti sampah di sepanjang pesisir Pantai. Tak hanya itu AKBP Eddwi Kurniyanto juga terlihat memberikan contoh kepedulian dengan memisahkan bermacam sampah organik dan non organik.

AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, pada kegiatan memperingati HPSN ini sedikitnya 250 orang ikut ambil bagian sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Sedangkan untuk aksi bersih bersih ini, titik lokasi dipilih di pesisir pantai karena akhir-akhir ini banyak sampah berserakan di Pantai Duta. Baik sampah yang dibuang pengunjung maupun sampah kiriman yang terbawa arus laut” Tutur AKBP Eddwi Kurniyanto.

Masih dalam penuturannya, Perwira dengan dua melati dipundaknya ini mengatakan, sampah yang tidak dikelola dengan baik ini jelas akan menimbulkan polusi. Selain itu sampah juga jelas dapat menimbulkan penyakit hingga bukan hal yang mustahil menjadi mesin pembunuh massal akibat polusi yang ditimbulkan. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here