Peringati Hari Guru, Polisi Ini Ajak Siswa Salim dan Ucapkan Terima Kasih Kepada Guru

0
737

Titaniumnews – Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.H punya cara tersendiri dalam memperingati hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2018. Mengambil tempat di halaman SDN 1 Sujosari kecamatan Trenggalek, Perwira dengan tiga balok di pundak ini bertindak sebagai pembina upacara sekaligus peringatan hari guru. Senin (26/11)

Dalam kesempatan tersebut, AKP Suyono meminta kepada semua siswa yang hadir untuk salim (bersalaman dengan mencium tangan.red) kepada semua tenaga pendidik dan mengucapkan selamat hari guru.

Menurut AKP Suyono, metode ini merupakan bentuk edukasi kepada para siswa bagaimana cara berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada guru yang selama ini telah membimbing dan mengajar mereka untuk menjadi anak yang cerdas dan berpendidikan.

“Terlihat sederhana tapi maknanya sangat luar biasa. Dengan mengucapkan langsung kepada guru akan tumbuh kedekatan emosianal antara guru dan siswa.”  Ujar AKP Suyono.

Disamping itu, masih kata AKP Suyono, cara tersebut dinilai sangat efektif guna menumbuhkan rasa hormat dan taat kepada guru.

“Dunia pendidikan saat ini sangat berbeda dengan jaman dulu. Paradikma pendidikan saat ini lebih bersifat konstruktifistik. Salah satunya dengan pola pembiasaan yang baik. Nah, pada tataran ini lah kita coba masuk dengan membiasakan anak untuk menghormati dan menghargai orang lain terlebih kepada guru yang merupakan pengganti orang tua di sekolah” Imbuhnya

Pada konteks yang lain, AKP Suyono juga menyampaikan agar para siswa bisa membatasi waktu dalam menggunakan HP dan  menonton tayangan televisi dan selalu bersikap sopan santun serta taat pada orang tua dan guru sebagai awal dari kesuksesan.

“Selamat hari Guru kepada seluruh Guru Indonesia. Terima kasih telah membimbing kami semua dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang” Pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here