Penuh Haru, Prosesi Wisuda Purna Tugas Personel Polres Trenggalek

0
444

Titaniumnews – Sejumlah personel Polres Trenggalek mengikuti upacara tradisi Wisuda Purna Tugas. Upacara yang secara khusus di gelar bagi anggota Polri dan PNS yang  telah memasuki masa pensiun di tahun 2018 tersebut dilepas dengan prosesi pedang pora di halaman Mapolres. Jumat (25/01)

Prosesi yang dikemas semi formal dengan mengambil tema `Dharma Baktimu Adalah Pengabdian Bagi Ibu Pertiwi` tersebut diisi dengan berbagai  acara yang cukup menarik. Diawali dengan penampilan siswa SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dilanjutkan dengan pentas drama dengan judul `Matahari di Ujung Senja` yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari keluarga seorang anggota Polri lengkap dengan segala permasalahannya. Uniknya, seluruh artis yang terlibat adalah berasal dari keluarga besar Polri baik Bhayangkari maupun anak-anak yang tergabung dallam KBP3.

Yang tak kalah menarik adalah prosesi wisuda di kemas seperti halnya wisuda pada perguruan tinggi. Satu persatu anggota yang purna tugas dipanggil ke atas panggung untuk menerima pengalungan samir wisuda bergambar pataka Polda Jatim lengkap dengan tabung/selongsong wisuda yang berisi piagam penghargaan serta cindera mata dari Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H.

Suasana berubah menjadi haru biru ketika diputar kembali video melalui layar lebar yang dipasang tepat ditengah panggung tentang kegiatan dari masing-masing `wisudawan` saat masih aktif berdinas ditambah testimoni dari anggota maupun rekan kerjanya. Pun demikian dengan tamu undangan yang seperti tidak bisa menutupi kesedihannya karena harus berpisah dengan rekan kerja yang selama ini menjadi partner bahkan sudah dianggap seperti saudara sendiri.

Sementara itu, AKBP Didit yang memimpin jalannya prosesi wisuda purna tugas tersebut mengatakan sedikitnya ada 33 personel yang terdiri dari seorang Pamen, 10 Pama, 20 Bintara dan 2 orang PNS yang telah purna tugas. Keseluruhan telah memasuki masa pensiun di tahun 2018 yang lalu dengan tanggal dan bulan yang berbeda-beda. Sedangkan upacara wisudanya dilaksanakan secara bersamaan hari ini.

“Beliau-beliau ini bisa dikatakan telah lulus dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara sebagai anggota Polri. Sepanjang hidupnya hingga pensiun dipersembahkan hanya untuk negara.” Ujar AKBP Didit

“Secara pribadi dan pimpinan saya mengucapkan terima kasih atas jasa, pengabdian dan perannya dalam membangun dan membesarkan Polres Trenggalek seperti sekarang ini.” Imbuhnya

Diakhir sambutannya, orang nomor satu di jajaran polres Trenggalek ini berharap meskipun sudah purna tugas namun hal tersebut jangan sampai memutuskan tali silaturahmi sebagai sesama keluarga besar Polri.

Sedangkan Kompol Purnawirawan Sanusi mewakili wisudawan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Trenggalek atas digelarnya acara tersebut sebagai wujud penghormatan dan penghargaan yang diberikan kepada para Purnawirawan Polri.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya berpesan kepada anggota Polri yang masih aktif agar terus meningkatkan kualitas kinerja. Tantangan kedepan bukan semakin mudah. Kompleksitas permasalahan yang semakin tinggi ditambah dengan kemajuan Iptek yang pesat akan berdampak pada gangguan Kamtibmas, tak terkecuali di Trenggalek.

 “Sebagai Purnawirawan Polri yang baru di wisuda oleh Kapolres Trenggalek, kami akan tetap memegang teguh motto tetap setia, sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara dan sekali berjuang tetap berjuang” Pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here