Pemilu Aman, Transparan dan Demokratis, Tokoh Agama Tolak People Power

0
186

Titaniumnews – Pemilu serentak Legislatif dan Pilpres 2019 khususnya di Banyuwangi sudah usai, secara umum pelaksanaannya aman, lancar, transparan, jujur dan adil, rakyat tinggal menunggu pengumuman hasil dari perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Di tengah proses rekapitulasi tersebut, dari kedua pihak Capres Cawapres saling klaim kemenangan. Hal tersebut membingungkan masyarakat dan berpotensi saling tuduh berbuat kecurangan.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banyuwangi yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi menyoroti hal itu, KH. Muhammad Yamin pada hari Minggu (12/05) menyampaikan himbauan kepada elit politik dan tokoh masyarakat untuk menahan diri. Ketua MUI juga menghimbau masyarakat untuk tidak mudah terpancing, terlebih dengan adanya issu people power yang memanaskan situasi yang sudah kondusif ini.

“Para elite politik dan para tokoh masyarakat hendaknya mampu mendinginkan situasi. Diharapkan para elite politik dan tokoh mampu menahan diri dengan tidak mengeluarkan statemen yang bisa memancing amarah apalagi sampai melakukan tindakan anarkhis. Kami menolak people power,” kata M. Yamin.

KH. M. Yamin meminta semua pihak untuk lebih sabar, menunggu hasil resmi dari KPU RI yang akan diumumkan pada tanggal 22 Mei mendatang.

M. Yamin menghimbau bahwa negara kita adalah negara demokrasi. Ketidakpuasan pasti ada. Bila dimenangkan Paslon 01, yang Paslon 02 tidak puas. Begitu pula bila yang dimenangkan Paslon 02, yang Paslon 01 tidak puas. Tidak apa-apa protes menyampaikan aspirasi dengan turun ke jalan dan hindari bertindak anarkhis.

“Situasi Kamtibmas saat ini aman dan kondusif. Sedikit gesekan memang ada, tapi semuanya bisa diatasi dan terselesaikan dengan baik oleh pihak kepolisian dan pemangku kepentingan lainnya,” ujar Ketua MUI Banyuwangi.

M. Yamin berpesan kepada masyarakat hendaknya bersatu menjaga Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah usai Pemilu ini. Siapa pun pemimpinnya, kita harus mendukung, semoga bisa membawa bangsa dan negara ini lebih baik lagi, dan masyarakat adil dan makmur bisa terwujud. (Tyo_1305)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here