Patroli Perairan Satpolair Polresta Banyuwangi, Hadirkan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Nelayan

0
146

Titanium.News.Id.Banyuwangi – Satpolair Polresta Banyuwangi melaksanakan patroli perairan di wilayah Laut Banyuwangi pada hari ini Senin (27/01) pukul 08.00 Wib bertempat di Perairan Pantai Boom Banyuwangi posisi 08°12’40” S 114°23’16” E, dengan dipimpin oleh Kanit Patroli Aiptu Teguh Wicaksono bersama Komandan Kapal X-1033 Bripka I Nyoman Suma dan Kanit Pantai Boom Bripka Umam  dengan melakukan pemeriksaanterhadap perahu nelayan.

Kasatpolair AKP Sudarsono., S.H., M.H. menyampaikan bahwa kegiatan patroli perairan ini merupakan tugas pokok dan fungsi polisi perairan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dengan sasaran kegiatan pelayaran berupa pelayaran rakyat baik yang  membawa barang-barang kebutuhan pokok maupun nelayan (ikan).

“Adapun bentuk patroli perairan yang kita laksanakan di wilayah perairan laut Banyuwangi ini meliputi beberapa kegiatan yaitu pemantauan, pengawasan dan pemeriksaan, personil Satpolair Polresta Banyuwangi harus mampu menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif,” ujar  AKP Sudarsono.

Lebih lanjut Kasatpolair mengatakan bahwa anggotanya memberikan himbauan kepada nelayan agar dalam berlayar selalu.menggunakn alat keselamatan life jacket   serta memancing atau mencari ikan di laut dengan menggunakan alat yang ramah lingkungan.

“Kegiatan ini bertujuan agar nelayan memahami pentingnya bahwa alat keselamatan dalam berlayar, mereka diharapkan mengutamakan keselamatannya karena di rumah keluarga menanti. Selain itu diharapkan dalam mencari ikan nelayan menggunakan alat yang ramah lingkungan dengan tujuan menjaga dan memelihara kelestarian ekosistem yang ada di laut,” tutur AKP Sudarsono.

Patroli perairan dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat khusunya nelayan pesisir, yang beraktivitas mencari ikan dan bagi kapal kapal rakyat yang membawa barang kebutuhan pokok dari Pantai Bomm Banyuwangi ke Pulau Sapeken Madura. Hal ini karena kehadiran anggota Polri dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka yang sedang melaut, seperti halnya jika terjadi sesuatu hal seperti musibah Laka air Kapal Polisi dan Personel Polair dapat segera mendatangi dan memberikan bantuan SAR. (Tyo_0127)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here