Patroli Cipta Kondisi Cegah Penyebaran Virus, Kapolresta Turun Langsung Sisir Jalanan di Wilayah Malang Kota

0
361

Titaniumnews.id.Malang Kota – Menghadapi pandemi wabah corona yang semakin memprihatinkan khsususnya di wilayah Malang Kota yang masuk dalam zona merah, membuat Jajaran Kepolisian dari Polresta Malang Kota gencar patroli cipta kondisi untuk memantau sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata S.Sos S.IK M.H., turun langsung memimpin patroli tersebut bersama sekitar 140 Anggotanya. Dimana sebelum melaksanakan patroli cipta kondisi digelar Apel siaga, di halaman Mapolresta Malang Kota. Rabu (8/4/2020).

Kepada Anggotanya, Kapolresta berpesan agar memberikan himbauan secara humanis dengan tidak melarang pedagang kecil atau pedagang kaki lima (PKL) berjualan, hanya diingatkan untuk tetap mematuhi aturan physical distancing, yakni menjaga jarak dengan pembeli. Dan kepada masyarakat atau pembeli dihimbau membawa makanan untuk dibawa pulang. Hal tersebut dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran virus.

Selesai pelaksanaan Apel, Kapolresta pun menyisir setiap lokasi atau titik kerawanan berkumpulnya banyak masyarakat. Patroli cipta kondisi yang dilaksanakan Jajaran Polresta Malang Kota pada siang hari ini dilaksanakan sesuai arahan Kapolda Jatim dan memastikan aktivitas, dimana adanya pergeseran waktu berkumpulnya masyarakat dari malam hari menjadi siang hari.

“Pelaksanaan Patroli Skala Besar dalam rangka cipta kondisi di Wilayah Kota Malang untuk menekan penyebaran Virus Covid-19. Dan merupakan perintah langsung dari Kapolda Jatim untuk menghimbau masyarakat yang masih berkerumun di siang hari” Jelas Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Menurut Kombes Pol Leonardus Simarmata, pergeseran massa atau masyarakat yang dilarang berkumpul dimalam hari, berpindah pada siang hari. Hal inilah yang dikhawatirkan malah memperburuk kondisi Kota Malang terkait penyebaran virus.

“Saya menghimbau, kalau perlu melakukan tindakan tegas untuk keselamatan bersama. Apalagi Malang kota sudah masuk zona merah, agar masyarakat disiplin physical distancing, jaga jarak aman 1 hingga 2 meter. Bagi yang beraktivitas diluar wajib menggunakan masker” Tandas Perwira Alumni Akpol tahun 1997 ini dengan menggunakan pengeras suara.

Tidak hanya menyisir tempat-tempat berpotensi adanya kerumunan masyarakat, Kombes Pol Leonardus Simarmata juga menyisir tempat persewaan game online, yang menurut informasi masih dikunjungi anak-anak.

Pada patroli skala besar cipta kondisi ini, Kapolresta didampingi Wakapolresta AKBP Setyo K.Heriyanto,SH, SIK, MH, PJU, Kapolsek Jajaran Polresta Malang Kota, Personel Kodim 0833/Kota Malang serta Satpol PP Kota Malang. (Innitya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here