Operasi Gaktiblin Subbid Provost Polda Riau, Personel Polres Meranti Zero Pengguna Narkoba

0
408

Titaniumnews.id.MERANTI – Bertempat di halaman Mapolres Kepulauan Meranti, Subbid Provos Polda Riau, menggelar operasi penegakan tertib dan disiplin (gaktiblin) berupa pengecekan gampol, surat nyata diri dan tes urine personel.

Giat tersebut dihadiri Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, Kabag Ren Kompol Ali Azhar SSos, Ps Kabag Log AKP Wisnu Budiarto, Kasi Propam Ipda Abdul Haris Damanik beserta Personel, para kasat dan perwira. Rabu (26/7/2023)

Adapun tim ops Gaktiblin Polda Riau yang turun ke Mapolres Kepulauan Meranti antara lain, Kaur Binplin Subbid Provos Kompol Ali Suhud, Ps Kanit I Hartib Subbid Provos Ipda Marhengky SSos, Ps Panit Hartib Subbid Provos Aipda Andi Gunawan, Banit Hartib Subbid Provos Bripka Durio Glabrata Sembiring, Banit Riksa Subbid Provos Brigadir Aegis Yoeshel Putra, dan staf Laboratorium RS Bhayangkara Polda Riau Richard Samosir AMd Ak.

Kaur Binplin Subbid Provos Polda Riau, Kompol Ali Suhud mengatakan bahwa operasi gaktiblin itu di gelar berdasarkan surat perintah tugas dari Kasub Bid Provost Polda Riau.

“Operasi Gaktiblin ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari untuk satker Polda Riau, sedangkan Polres jajaran dilakukan satu bulan sekali dan kali ini kita laksanakan di Mapolres Meranti,” ungkapnya.

Ia membeberkan sasaran dari operasi gaktiblin tersebut meliputi sikap tampang dan kelengkapan nyata diri anggota Polri serta pengecekan urin.

“Intinya, ini mitigasi pencegahan pelanggaran yang dilakukan anggota, baik berupa disiplin dan pidana. Disamping sebagai bentuk kepedulian pimpinan kepada personel agar terhindar dari pelanggaran yang bisa merugikan institusi Polri, keluarga maupun pribadi,” tutur Kompol Ali.

Lebih lanjut pihaknya juga menekankan kasatker di jajaran Polres Kepulauan Meranti agar melakukan pengawasan melekat kepada personel untuk mencegah terjadinya pelanggaran.

Dalam giat itu, sebanyak 220 personel dilakukan pemeriksaan sikap tampang, kelengkapan nyata dan pengecekan urin.

Dimana, tim menemukan beberapa orang personel yang sikap tampang, seperti rambut yang tidak sesuai aturan dan dilakukan pemotongan ditempat, selanjutnya diperintahkan untuk dirapikan.

Bahkan, ditemukan kartu tanda anggota dari beberapa personel yang tidak sesuai dengan satuan kerja, selanjutnya untuk segera diperbarui.

“Terkait hasil pengecekan urin, seluruh personel negatif menggunakan narkoba,” bebernya.

Sementara itu, Wakapolres Kompol Robet, mengarahkan bagi personel yang terjaring gaktiblin agar segera menindaklanjuti hasil penindakan sesuai aturan Polri dan memperbarui kartu tanda anggota sesuai fungsi tempat bertugas.

Ia juga menekankan kepada personel agar tidak ada yang terlibat narkoba, baik pemakai ataupun lainnya.

“Kita juga secara rutin melakukan gaktiblin dan pengawasan kepada personel agar tidak ada yang melakukan pelanggaran disiplin, bahkan tindak pidana,” ujar Robet. (Humas Polres Meranti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here