Ngopi Bareng Nelayan, Kapolres Probolinggo Berikan Pelampung Safety

0
325

Titaniumnews – Salah satu terobosan yang digagas Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto SH SIK dalam merangkul masyarakat kecil khususnya masyarakat nelayan di wilayah pesisir pantai Kabupaten Probolinggo, yakni Ngopi Bareng, digelar di Sekretariat Pokmaswas Mutiara Laut Desa Dringu Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, hari Jumat pagi (15/02/2019).

Dengan didampingi Kasat Polair AKP Slamet Prayitno, Kasatreskrim AKP Riyanto, Kasat Binmas AKP Suhadi, Kasatintel AKBP Budi, Kapolsek Dringu AKP P Sigit, Koramil dan Camat serta Kepala Desa Dringu, Ngopi Bareng tersebut dihadiri puluhan masyarakat nelayan pesisir pantai kabupaten Probolinggo.

AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, kunjungannya kali ini selain menyampaikan pesan kamtibmas dengan mengajak serta para nelayan untuk bersama menciptakan kamtibmas kondusif jelang pelaksanaan pemilu 2019, dirinya juga menghimbau, para nelayan untuk meningkatkan kekompakan antar kelompok nelayan dan menjaga kerukunan antar nelayan, sehingga menghindari bentrok dan tidak sampai terjadi pelanggaran seperti pembakaran kapal ataupun penyanderaan anak buah kapal.

“Kita sama sama menjaga wilayah kita, antisipasi juga untuk menjaga dan mencegah kerawanan dan tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang belum pasti kebenarannya. Waspada penyebaran berita hoax” Tutur AKBP Eddwi Kurniyanto.

Selain hal diatas, Kapolres juga mengingatkan para nelayan untuk lebih mewaspadai dan mengutamakan keselamatannya saat melaut.

“Saya juga menghimbau agar para nelayan memperhatikan dan mengutamakan keselamatan. Tdak memaksakan melaut apabila cuaca kurang mendukung, mengingat cuaca buruk masih berpotensi terjadi di perairan Probolinggo” Imbuhnya.

Kegiatan Ngopi Bareng Nelayan pun mendapat sambutan dan apresiasi dari Ketua Pokmaswas Mutiara Laut, Sugito. Menurutnya kehadiran Kapolres beserta Jajaran Satpolair Probolinggo memberi harapan dimana masyarakat nelayan, dapat meminta petunjuk terkait dengan pengamanan Harkamtibmas di wilayah pesisir Kabupaten Probolinggo khususnya pesisir desa Dringu serta terkait antisipasi bentrok nelayan Desa Dringu dengan nelayan Mayangan yang menimbulkan gesekan.

Hal senada pun disampaikan, Kepala Desa Dringu yang berterimakasih atas kunjungan Kapolres Probolinggo. Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa menyampaikan bahwa desa pesisir Dringu 60% wilayah perairan dan juga merupakan desa pesisir yang berbasis Minapolitan.

“Kami juga akan menertibkan dan membenahi terkait wisata pantai yang ada di wilayah pesisir Desa Dringu” Tandas Kepala Desa Dringgu.

Sedangkan dari Kabid Perikanan Tangkap, kepada Kapolres menyampaikan bahwa, program perikanan untuk wilayah penangkapan ikan sudah dibuat, sehingga dalam pelaksanaannya dapat diawasi terhadap pembagian wilayah antara nelayan tradisional dengan nelayan kapal besar sehingga meminimalisir bentrok antar nelayan.

Sebagai bentuk kepedulian, AKBP Eddwi juga secara simbolis membagikan sarana kontak dan pelampung safety yang diterima perwakilan nelayan. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here