Memperingati 95 Tahun Sumpah Pemuda, Kapolres Puncak Jaya Hadiri Apel Pemuda

0
765

Titaniumnews.id.Puncak Jaya – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober disambut gembira Masyarakat Indonesia terutama para Pemuda maupun Pemudinya. Sumpah Pemuda itu sendiri lahir dari hasil rapat para pemuda atau Kongres Pemuda yang kedua pada tanggal 28 Oktober 1928. Kongres Pemuda tersebut merupakan usulan dari Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI), yaitu organisasi pemuda pelajar dari seluruh daerah Indonesia.

Memasuki usianya yang ke 95 tahun hari Sumpah Pemuda, Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H., S.I.K., M.H memperingatinya dengan turut hadir pada acara Apel Pemuda yang digelar di Lapangan Alun-alun Kota Baru Pagalame. Jumat (27/10/2023).

Kegiatan juga dihadiri Pj. Bupati Puncak Jaya Tumiran, S.Sos,M.AP didampingi Pj. TP-PKK Manikem Tumiran, S.Sos,M.AP dan Dandim 1714/PJ Lekol. Inf. Denny Salurerung, S.Sos didampingi oleh Ketua Persit Kartika Candra Kirana Dr. Wulandari,Sp.Pd FINASIM, Ketua Bhayangkari Cabang Puncak Jaya Ny. Iva Kuswara serta Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya Yubelina Enumbi SE, MM.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati mengungkapkan bahwa dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke – 95 Tahun 2023 ikut dirangkaikan dengan pelaksanaan senam jantung sehat.

“Apel gabungan ini merupakan rangkaian peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 yang sedianya jatuh besok, tetapi sekaligus melaksanakan olahraga bersama, dimana olahraga itu akan muncul generasi muda yang sehat jasmani dan rohani sehingga benar-benar pemuda akan menjadi tulang punggung Kabupaten Puncak Jaya,  Ucap H. Tumiran.

Pj. Bupati juga berpesan kepada pemuda-pemudi sebagai generasi penerus Kabupaten Puncak Jaya, untuk menggunakan masa muda dengan belajar hal-hal yang positif dan hindari kegiatan-kegiatan yang negatif, seperti miras, narkoba dan judi.

Sementara itu ditemui usai kegiatan, Kapolres Puncak Jaya mengatakan, melalui momentum hari Sumpah Pemuda, dirinya mengajak para pemuda untuk lebih bersemangat, memperkuat jiwa nasionalisme dan bersama-sama menjaga Kamtibmas tetap aman kondusif. 

“Melalui momentum semangat sumpah pemuda ini mari kita bersama-sama tetap menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, Karena keamanan menjaga wilayah kita sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, terutamanya para pemuda maupun pemudi khususnya di Puncak Jaya ini” tandas AKBP Kuswara.

Pada kesempatan tersebut, Forkopimda dan Kepala Bank Papua memberikan peralatan olahraga kepada 3 (tiga) zona yakni zona 1 Mulia, zona 2 Ilu dan zona 3 Fawi serta siswa siswi dari SMP, SMA dan SMK. (Tya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here