Melalui Aplikasi Pelayanan Publik, Ditreskrimsus Polda Kalsel Diganjar Penghargaan Presisi Award

0
2005

Titaniumnews.id.Kalsel – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Selatan yang diwakili Wadir Reskrimsus, AKBP Budi Hermanto S.IK., M.Si., menerima penghargaan Presisi Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) atas prestasi membanggakan melalui beberapa aplikasi pelayanan publik, diantaranya BEKANTAN (Berantas kebakaran hutan) dan aplikasi Internal Control Sistem (ICS) yang mana sistem ini bisa mengawasi proses penanganan perkara di Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel.

Penghargaan Presisi Award diserahkan langsung Direktur Eksekutif LEMKAPI Dr. Edi Saputra Hasibuan, S.H., M.H., didampingi Sekjen LEMKAPI Warto S.H., di ruang kerja Wadir Reskrimsus Polda Kalsel pada sabtu (1/5/2021).

Menurut Direktur Eksekutif LEMKAPI, capaian prestasi yang ditorehkan Ditreskrimsus Polda Kalsel merupakan hal membanggakan dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik.

“Penghargaan Presisi Award ini atas dedikasi dan loyalitas yang tinggi Polda Kalsel dalam memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19 melalui salah satu inovasi yang banyak diapresiasi yaitu aplikasi BEKANTAN  dan ICS” Kata Dr Edi Saputra Hasibuan.

Aplikasi yang digagas Ditreskrimsus Polda Kalsel juga sebelumnya telah meraih predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian RB, sehingga menjadi penilaian kinerja hebat Polda Presisi yang merupakan implementasi program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. untuk menuju Polri yang Prediktif, Responbilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi).

Lebih lanjut, Dr Edi Saputra Hasibuan mengatakan, melalui aplikasi Berantas Kebakaran Hutan atau Bekantan ini, merupakan langkah cepat dalam upaya pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dimana melalui teknologi informasi, titik api cepat terdeteksi dan sesegera mungkin petugas menuju lokasi untuk melakukan pemadaman. Personel Polda Kalsel seketika mendapatkan notifikasi di ponsel yang telah mengunduh aplikasi Bekantan jika ada laporan masyarakat di wilayahnya terjadi karhutla” Jelasnya.

Masyarakat juga dapat melihat hotspot atau titik panas secara realtime karena Polda Kalsel bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dan keterlibatan masyarakat secara aktif dalam upaya pencegahan karhutla juga dapat didorong melalui aplikasi Bekantan karena langkah terpadu oleh semua pihak sangat diharapkan dalam mengatasi karhutla yang menimbulkan bencana kabut asap.

Kemudian adanya Internal Control System (ICS) yaitu aplikasi untuk kontrol pengawasan internal dari pimpinan terhadap penyidik yang melakukan tahap penyelidikan dan penyidikan, sehingga proses lidik dan sidik berjalan transparaan.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, Wadir Reskrimsus AKBP Budi Hermanto, menyampaikan ucap syukur atas penghargaan Presisi Award yang diterima Jajarannya. Hal tersebut akan dijadikan pelecut semangat dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat luas khususnya masyarakat di wilayah Kalimantan Selatan.

Perwira Menengah Alumni Akpol tahun 2000 ini pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda dan Wakapolda serta para PJU atas bimbingan dan arahannya. Serta ide, masukan maupun saran dari stakeholder dan masyarakat yang senantiasa mengharapkan adanya peningkatan prima dalam pelayanan publik.

“Kepada Kapolda, Wakapolda, para PJU serta masyarakat dan seluruh pihak lainnya terima kasih atas dukungannya, sehingga Ditreskrimsus Polda Kalsel mampu mewujudkan kinerja yang baik menuju Polri yang presisi melalui capaian penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI)” Tutur AKBP Budi Hermanto.

Selain itu, dengan diraihnya penghargaan tersebut, ditambahkan AKBP Budi Hermanto, akan menjadi pelecut semangat dan menjadi acuan guna terwujudnya sosok Polri yang presisi melalui perubahan kultur dan etos kerja berdasarkan prinsip melayani dan menghilangkan tindakan di luar ketentuan agar masyarakat benar-benar merasakan pelayanan terbaik dari Kepolisian. (Innitya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here