Makan Ikan Bersama Ribuan Santri Nurul Jadid Probolinggo, Ini yang Disampaikan Menteri Susi Pudjiastuti

0
287

Titaniumnews – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti berkesempatan mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton di desa Karang Anyar kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo, Jumat 2 Nopember 2018. Tiba sekira mulai pukul 09.00 Wib rombongan Menteri Susi Pudjiastuti yang hadir dalam acara bertajuk Makan Ikan Bareng Santri ini diantaranya Gibran Rakabuming putra dari Joko Widodo Presiden RI.

Kedatangannya pun disambut hangat Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad SH SIK MH M.Si, Wakil Bupati Probolinggo Drs H Timbul Prihanjoko, Pabung 0820/Probolinggo Mayor ARH Ciptadi, KH Abd Hamid Wahid M.Ag selaku kepala Yayasan Nurul Jadid, Forkopimka Paiton, Pengurus dan pengajar Ponpes Nurul Jadid serta santri Ponpes Nurul Jadid sekitar 12.000 orang.

Kepala Yayasan Nurul Jadid KH Abd Hamid Wahid M.Ag dalam sambutannya mengatakan, pada acara makan ikan bersama santri ini pihaknya sangat berterima kasih, Ponpes Nurul Jadid dipercaya sebagai tuan rumah acara. Sebagai daerah yang berada di pesisir pantai, Ponpes Nurul Jadid selain melaksanakan pembelajaran terhadap para santri, ponpes Nurul Jadid juga melaksanakan pemberdayaan warga masyarakat terutama wilayah pesisir.

“Saat ini pondok Nurul Jadid juga sudah mengembangkan produk olahan hasil laut dan masih mencari pasaran untuk menjual hasil olahan tersebut” Terang KH Abd Hamid Wahid M.Ag.

Senada, Wakil Bupati Probolinggo Drs H Timbul Prihanjoko menyampaikan, Indonesia merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya berupa laut, namun potensi laut masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Melalui kegiatan ini bertujuan semoga memberi semangat dan ilmu kepada para santri agar mampu membuat inovasi dan kreasi dalam pengolahan hasil laut yang melimpah” Tuturnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti terlihat sangat senang berada ditengah tengah para Santri. Menteri Susi pun menjabarkan hal penting, yakni laut sebagai potensi negara yang sangat besar dan harus dijadikan aset negara demi masa depan. Selain itu laut dan isinya harus dijaga dari pengrusakkan dan pencurian oleh kapal asing.

“Bila tertangkap kapal asing mencuri dilaut Indonesia harus kita tangkap, tembak dan tenggelamkan. Mari kita galakan kebiasaan gemar makan ikan, karena ikan banyak sekali mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkan badan” Tandas Susi Pudjiastuti.

Sedangkan sebagai seorang Enterpreneur Gibran Rakabuming pun menyampaikan pengalamannya dalam bisnis kuliner. Menurut Gibran kesuksesan berawal dari semua usaha yang diawali dan dimulai dari bawah, yang paling penting menjadi wirausaha sukses harus ada kerja keras dan kemandirian.

Acara semakin meriah dengan dialog interaktif para Santri tentang dunia kewirausahaaan serta pemberian souvenir.

Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad yang turut hadir mengikuti acara sangat mengapresiasi kunjungan rombongan Menteri Susi Pudjiastuti tersebut.

“Selain memberikan pengamanan, tadi juga kita turut mengikuti setiap himbauan yang disampaikan Ibu Menteri. Semoga giat makan ikan bareng santri ini juga membawa banyak manfaat bagi para santri dan umumnya masyarakat pesisir di Kabupaten Probolinggo” Ujar AKBP Fadly Samad. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here