Luncurkan Popeda, AKBP Azhari : Patroli Sekaligus Berdakwah

0
496

Titaniumnews – Bagi masyarakat Ternate, nama Popeda sudah tidak asing lagi. Popeda merupakan makanan khas Ternate yang berasal dari endapan air sagu atau singkong yang diaduk hingga kental. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Ternate sejak berabad-abad silam.

Namun berbeda bagi jajaran Polres Ternate, nama Popeda diangkat sebagai salah satu program unggulan yang merupakan kependekan dari `Polisi Patroli Berdakwah`. Popeda ini dilaksanakan mulai dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran.

Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda, S.IK menjelaskan, dalam pelaksanaan Popeda, petugas selain melakukan patroli seperti biasa juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas berbasis Religi. Dari segi penampilan pun juga berbeda yakni menggunakan tutup kepala songkok berwarna putih.

“Tugas utama mereka adalah patroli berdakwah. Patroli sekaligus berdakwah. Petugas juga akan mengingatkan dan mengajak warga saat adzan berkumandang untuk menyegerakan ibadah Salat bersama-sama” Jelas AKBP Azhari

Dengan diluncurkannya Popeda ini, pihaknya berharap terbentuk kedekatan emosional antara polisi dengan masyarakat sehingga outcomenya adalah tercipta Kamtibmas  yang kondusif di Kabupaten Ternate.

“Menggugah kesadaran masyarakat tentang arti penting Kamtibmas tidak harus dengan metode formal namun bisa juga dengan menyentuh sisi spiritualnya. Jika Imtaq kuat maka ketertiban masyarakat akan terbentuk dengan sendirinya.” Ucap AKBP Azhari

Seperti yang terlihat  di Kelurahan Toboko dan Mangga Dua Pantai, beberapa personel dari Polsek Ternate Selatan bersama dengan piket KP3 Bastiong, nampak sedang melaksanakan patroli Popeda. Dipimpin oleh Aiptu Arsad Hanis dan tiga Brigadir lainnya berpatroli jalan kaki disepanjang pantai. Saat mendengar adzan magribh berkumandang para petugas ini menghimbau pengunjung agar mempersiapkan diri menjalankan ibadah Salat Magribh di Masjid yang tak jauh dari lokasi.

Pun demikian dengan Polsek Ternate Utara yang menggelar Popeda di pantai tuang ikan dan Polsek Kawasan pelabuhan Ahmad Yani yang melaksanakan program inovasi ini di seputaran kawasan pelabuhan.

Alhasil, Popeda ini pun mendapatkan apresiasi dari beberapa tokoh masyarakat setempat. Menurut mereka program unggulan yang digelar oleh Polres Ternate ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat dengan selalu diingatkan untuk menjalankan ibadah salat tepat waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here