Kunker Presiden RI di Trenggalek, TNI/Polri All Out Lakukan Pengamanan

0
174

Titaniumnews – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. bersama Komandan Kodim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos menyambut Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Trenggalek dalam rangka Sosialisasi prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2019 di Jawa Timur . Jum`at (04/01)

Dalam Kunker ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Setneg Pramono Anung dan Gubernur Jatim H. Soekarwo.

Sedangkan berada di kursi undangan antara lain, Forkopimda Kabupaten Trenggalek, jajaran OPD Trenggalek, Kepala Dinas dan Staf PMD Bakorwil Madiun, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Trenggalek, Perwakilan Kader Posyandu dan guru dan Paud serta Perwakilan BUMDes dan Pendamping Desa dari Kabupaten Trenggalek, Blitar, Ngawi, Pacitan, Madiun, magetan, Ponorogo, Kediri dan Tulungagung.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar dana desa dapat dikelola sebaik-baiknya dengan memanfaatkan penggunaan sumber daya lokal seperti halnya yang terjadi di desa umbul Ponggok Klaten berupa pengembangan desa wisata yang mampu memberikan income luar biasa. Presiden juga meminta agar semua masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan yang merupakan kekayaan terbesar Indonesia.

Sementara itu, terkait pengamanan Kunker presiden RI, AKBP Didit mengatakan, pihaknya bersama dengan unsur TNI di backup oleh Brimob Polda Jatim all out melakukan pengamanan.

Sebagai salah satu penanggung jawab perngamanan, AKBP Didit memimpin langsung jalannya pengamanan. Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini pun turun kelapangan, mengecek kesiapan personel dan memastikan bahwa semua telah sesuai dengan SOP Pam VVIP

“Pengamanan diawali dengan apel bersama di Mapolres untuk menerima pengarahan dan teknis pengamanan. Setelah itu langsung menuju pos masing-masing” jelas AKBP Didit

AKBP Didit menambahkan, Polres Trenggalek sendiri mengerahkan sedikitnya 437 personel yang ditempatkan pada Ring 2 dan 3. Sedangkan Ring 1 merupakan kewenangan dari petugas Paspampres.

“Ring 1 berada di pendopo dan lokasi kunjungan. Pengamanan melekat langsung dari Paspapres. Ring 2 meliputi area lingkar alun-alun diluar lokasi kegiatan. Sedangkan Ring 3 merupakan rute yang dilalui rombongan presiden mulai dari perbatasan Tulungagung hingga Ponorogo.” Tambahnya

Lebih lanjut, AKBP Didit mengatakan, Pengamanan Presiden memiliki sifat yang berbeda karena menyangkut keamanan dan keselamatan presiden. Oleh karenanya, beberapa hari sebelumnya, pihaknya bersama TNI telah melakukan survei terlebih dahulu untuk memetakan kerawanan untuk kemudian dilakukan antisipasi.

“Kurang lebih ada 200 titik yang ditempatkan petugas.” Imbuhnya

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo berkesempatan melaksanakan ibadah Salat Jumat bersama masyarakat di Masjid Agung Baiturrahman Trenggalek sebelum bertolak menuju Ponorogo. Selama acara berlangsung berjalan aman, tertib dan lancar.

“Alhamdulillah, semua berjalan aman dan kondusif.” Pungkas AKBP Didit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here