Kunker Menteri ESDM di Bromo dan Paiton, Polres Probolinggo Turunkan Personel Pengamanan

0
470

Titaniumnews – Menteri ESDM Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja di wilayah kabupaten Probolinggo. Kunjungan kerja ini dalam rangka meninjau PVMBG (Pusat Vulcanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) Pos Pengamatan Gunung Berapi Bromo yang terletak di Cemoro Lawang Kecamatan Sukapura Sukapura. Selasa (08/01)

Dilokasi tersebut, Menteri ESDM melakukan pengecekan Seismograf terkait Perkembangan detak Tanah dalam area Gunung Bromo, dilanjutkan pengecekan Visual Gunung Bromo. Selain Bromo, Menteri Jonan juga berkesempatan meninjau PLTU Paiton yang berada di Kecamatan Paiton Probolinggo.

Dalam Kunker tersebut, Polres Probolinggo menurunkan sedikitnya 99 personel yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Probolinggo Kompol Heri Susanto S.H. bersama dengan Kasat Sabhara, Kapolsek Sukapura dan Kapolsek Paiton selaku Perwira pengendali (Padal) lokasi kunjungan.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto S.I.K., S.H. mengungkapkan, dalam pengamanan kunjungan menteri ESDM di wilayahnya, pihaknya menerapkan SOP pengamanan VVIP dimana objek dan subjek pengamanan merupakan pejabat publik.

“Pengamanan didahului dengan apel di masing-masing lokasi. Di PVMBG dipimpin oleh Kapolsek Sukapura Iptu Sugeng. Sedangkan di PLTU Paiton dipimpin oleh Kapolsek Paiton AKP Riduwan. Tujuannya untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak pengamanan oleh masing-masing petugas.” Jelas AKBP Eddwi

 “Pengamanan kita bagi menjadi 3 Ring. Ring 1 pengamanan melekat termasuk sterilisasi lokasi. Ring 2 di seputaran lokasi kunjungan hingga tempat parkir kendaraan dan Ring 3 pengamanan Rute.” Imbuhnya

Masih kata AKBP Eddwi, disepanjang jalur rute yang dilewati yakni Sukapura – Probolinggo Kota – Dringu – Gending – Pajarakan – Kraksaan – Paiton, ditempatkan personel di titik rawan utamanya pada simpul-simpul padat aktivitas. Selain itu Polres Probolinggo juga memberikan pelayanan pengawalan dari awal hingga kunjungan paripurna.

“Selama kegiatan berlangsung berjjalan aman, lancar dan kondusif” Pungkas AKBP Eddwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here