Kumpulkan Bhabinkamtibmas, Kapolres Trenggalek Tekankan Bangun Sinergitas

0
253

Titaniumnews – Bhabinkamtibmas atau yang dikenal dengan sebutan polisi desa merupakan garda terdepan dalam hal menjaga Kamtibmas kondusif di tingkat desa. Bhabinkamtibmas memegang peranan penting mencegah terjadinya pelanggaran, kejahatan hingga konflik sosial. Terlebih menjelang pesta demokrasi yang akan digelar beberapa bulan kedepan.

Untuk memperkuat peran Bhabinkamtibas serta menjaga stabilitas Kamtibmas yang dimulai dari tingkat Desa, Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. memberikan arahan sekaligus bersilaturahmi dengan Bhabinkamtibmas jajarannya.

Dalam acara yang diselenggarakan di Hall Hotel Jaas permai tersebut dihadiri oleh Wakapolres Kompol Agung Setyono, S.S., pejabat utama, Kapolsek jajaran, para Kanit Binmas dan 157 Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Trenggalek. Kamis (20/12)

AKBP Didit menekankan bahwa seorang Bhabinkamtibmas harus mampu memetakan kerawanan Kamtibmas berdasarkan aspek Tri gatra yakni geografi, demografi dan sumberdaya alam serta panca gatra yang terdiri dari Ideologi, politik, ekonomi, budaya dan keamanan.

“Berangkat dari pemetaan tersebut kemudian dilakukan identifikasi antisipasi atau pencegahan dengan melakukan tindakan kepolisian terpadu bersama unsur 3 pilar di tingkat desa.” Ujar AKBP Didit

Lebih lanjut AKBP Didit menegaskan, Pelaksanaan Pilkades yang hampir bersamaan dengan Pileg dan Pilpres memiliki karakteristik kerawanan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu masing-masing Bhabinkamtibmas harus rajin turun ke desa-desa dan sambang tokoh masyarakat.

“Terus bangun sinergitas dengan para tokoh dan elemen masyarakat lainnya. Berikan edukasi dan ajak bersama-sama menjaga Kamtibmas. Utamanya penggunaan media sosial yang dapat berimplikasi luas.” Pungkasnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dari Kasatintelkam AKP Katimun terkait update perkembangan situasi terkiri dan potensi kerawanan menjelang Pilkades, Pileg dan Pilpres, Kasatreskrim AKP Sumi Andana, S.H., M.H. tentang  pengawasan dana desa dan terakhir pembekalan dari Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum, memaparkan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Bhabinkamtibmas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here