Kreatif Berinovasi, Bripka Riko Rizki Masri, Bhabinkamtibmas Teladan dari Siak Hulu Kampar

0
343

Titaniumnews.id.RIAU – Keikhlasannya dalam bertugas, bersikap terbuka, dan aktif bersosialisasi dengan masyarakat, menjadi lengkap dengan kreatif dan inovasinya dalam melakukan pelayanan dan penyuluhan adalah gambaran dari sosok Bhabinkamtibmas Teladan ini.

Program dan Terobosan Kreatif Bripka Riko Rizki Masri, seorang Bhabinkamtibmas diwilayah desa Tanah Merah Polsek Siak Hulu Polres Kampar Polda Riau ini yang membuat masyarakat senang dan terbantu serta memudahkan masyarakat dalam pelayanan kepolisian yang membuat kehadiran Bripka Riko sangat diinginkan masyarakat.

Hal yang membuat masyarakat salut salah satunya adalah Program Berempati dan Memberikan Solusi. Riko sapaan akrabnya bekerjasama dengan Babinsa dan FKPM Teman Hati memberikan bantuan kaki palsu bagi masyarakat yang cacat.

Hal itu terjadi saat Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah Ini melaksanakan Sambang DDS dan mendapati keluhan warga membutuhkan kaki palsu. Kemudian bersama dengan Babinsa berkoordinasi dengan FKPM Teman Hati memberikan solusi untuk membantu warga yang memerlukan kaki Palsu dan memperoleh jalan keluar.

“Alhamdulillah Kick Andi Foundation memiliki Program 1000 Kaki Palsu dan bersama FKPM mencari Informasi dan melengkapi persyaratan untuk mendapatkan kaki palsu, dan warga kami mendapatkan bantuan tersebut”, ucap pria yang murah senyum ini.

Saat ini Program Kaki Palsu masih berjalan dan Bhabinkamtibmas yang satu ini bersama FKPM sedang mengajukan 10 Unit kaki palsu untuk membantu warga yang membutuhkan.

Beberapa Program Inovasi Terobosan Kreatif lain dari Riko yakni inovasi Silahturahmi dan Ukhuwah Kamtibmas, memelihara kamtibmas dengan bersilahturahmi kepada seluruh Elemen Masyarakat , Patroli Ukhuwah Islamiah, yaitu Patroli setiap waktu Shalat Fardu Berjemaah di Setiap Mesjid yang berbeda, serta Patroli Minggu Bakti ke Setiap Gereja dan sosialisasi serta menyampaikan pesan Kamtibmas, Kampanye Kamtibmas dengan jargon “Kami tidak Takut Polisi tetapi Kami Takut melanggar hukum”.

Selain itu juga melakukan binluh kreatif dengan menggunakan Coklat Kamtibmas, produk coklat yang dihasilkannya dari home industri keluarganya.

Polisi yang suka memudahkan pelayanan Kepolisian bagi masyarakatnya dengan Program Polisi Kaget, pelayanan dengan berkeliling dan curhat kamtibmas.

Kepala Desa Tanah Merah Syahrul Amri Nasution nengatakan Brigadir Riko merupakan Polisi yang selalu ada ditengah masyarakat dan selalu ikhlas dan melayani masyarakat di Desa yang di Pimpinnya dan Pemerintah Desa sangat terbantu dengan sosok kehadirannya.

Tokoh masyarakat Kampar Toni Hidayat mengatakan, Riko Polisi yang aktif berada di tengah – tengah masyarakat yang selalu turun langsung melayani masyarakat.

“Jangankan tentang tindak kejahatan, jarum jatuh di desa binaanna dia pun tahu” Ujarnya.

Sementara itu tokoh masyarakat A. Muhaimin mengatakan Brigadir Riko adalah Polisi yang cepat membaur dengan masyarakat dan melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas dan selalu sopan, santun terhadap masyarakat dan selalu mengedapankan musyawarah dan mufakat. Setiap menyelesaikan masalah dan selalu minta pendapat tokoh masyarakat , alim ulama dan cerdik pandai dan bijak dalam mengambil keputusan.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto saat dimintai tanggapan mengatakan bahwa Bripka Riko ini merupakan Bhabinkamtibmas teladan yang banyak daya kreatifnya dalam melakukan upaya kamtibmas didesanya, hal ini dibuktikan dengan tanggapan positif dari warga yang sangat merasakan manfaat keberadaannya, merasa terayomi dan terlayani disamping juga menjadi motor eksisnya kegiatan di desanya.

“Juga berbagai penghargaan yang diperolehnya, kami tentu sangat berterimakasih atas kontribusi anggota kita yang seperti inilah yang diharapkan oleh masyarakat” Tutur Kombes Pol Sunarto. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here