Kasat Reskrim Polres Lumajang Pimpin Langsung Investigasi Ambruknya SDN 04 Klakah

0
247

Titaniumnews – Kasatreskrim Polres Lumajang AKP Hasran S.H., M.Hum., pimpin langsung tim investigasi ambruknya ruang kelas SDN 04 Klakah. Sabtu (8/12/3018). Selain Kasatreskrim Polres Lumajang, tak ketinggalan Kapolsek Klakah, Unit Tipikor, Inspektorat, Kepala Sekolah SDN 4 Klakah dan Tukang juda meninjau langsung sekolah tersebut.

Dalam hal ini, Polres Lumajang bergerak cepat menangani peristiwa ambruknya dua ruang kelas SDN 04 Klakah yang terjadi pada jumat (7/12/2018). AKP Hasran menyampaikan bahwa gedung yang baru dibangun dari uang rakyat itu ambruk setelah hujan deras yang turun diwilayah Klakah.

“Karena ini adalah uang rakyat, kita ingin pastikan pembangunannya sudah sesuai prosedur,” ujar AKP Hasran.

Selanjutnya AKP Hasran menyampaikan bahwa Tim menemukan rangka atap menggunakan galvalum dan genteng sebagian menggunakan genteng lama.

Ditambahkan AKP Hasran, Tim investigasi akan melakukan klarifikasi kepada pihak sekolah dan rekanan yang membanguan ruang kelas. Dari papan nama proyek, rehab SDN 04 Klakah menelan anggaran Rp. 193.050.000 dari APBD 2018 dengan pelaksana pekerjaan CV AGA dan konsultan pengawas CV Prima Graha.

“Kita akan melakukan evaluasi dan klarifikasi kepada pihak-pihak yang bertanggungjawab mengingat pembangunan ini menggunakan uang rakyat,” imbuhnya.

Menurut Kepala Sekolah Buhasan Arifin, S.Pd, sendiri bangunan sekolah SDN 04 Klakah tersebut di bangun sejak tahun 1974 dan dilakukan renovasi hanya bagian atap yang di ganti dengan gavalum.

Sementara itu ditempat terpisah, Kapolres Lumajang AKBP DR. M. Arsal Sahban S.I.K., mengaku memerintahkan anggotanya untuk langsung melakukan investigasi.

Kapolres ingin memastikan uang rakyat tidak disalahgunakan dalam setiap pembangunan infrastuktur di Lumajang. Dari hasil nvestigasi sementara, hasil pekerjaan ruang kelas SDN 04 Klakah belum diserahterimakan.

“Saya perintahkan langsung Kasat Reskrim untuk investigasi dan kawal terus penyebab pasti ambruknya sekolah SDN 04 Klakah,” Ungkapnya.

Atas kejadian ini telah di laksanakan tindak lanjut antara lain, melakukan pulbaket maksimal, mendapatkan dokumen kontrak pekerjaan rehabilitaai guna pembuktian bangunan dikerjakan sesuai RAB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here