Kapolsek Kabat Pimpin Evakuasi 9 Pohon Tumbang dan 12 Rumah Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

0
273

Titaniumnews.id.Banyuwangi – Hujan deras disertai angin kencang pada hari Rabu (26/01/2022) sekira pukul 16.00 SD 17.15 Wib mengakibatkan bangunan rusak dan pohon tumbang di wilayah Kecamatan Banyuwangi, Kabat dan Rogojampi.

Terpantau Kecataman yang paling banyak mengalami pohon tumbang adalah Kecamatan Kabat.

Akibat yang ditimbulkan dari pohon tumbang tersebut di sepanjang jalan raya Kecamatan Kabat (Desa Kedayunan, Desa Kabat, dan Desa Pakistaji) mengalami kemacetan arus lalu lintas dan mengakibatkan arus listrik padam karena pohon tumbang menimpa kabel jaringan PLN.

Anggota Polsek Kabat dipimpin langsung Kapolsek Kabat AKP Edi Susanto bersama BPBD Kabupaten Banyuwangi, Koramil Kabat, Satpol PP Kecamatan Kabat, Pemdes dan warga masyarakat berupaya mengevakuasi pohon tumbang yang menutup jalan dan membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang terdampak hujan dan angin.

“Kami bersama-sama dengan BPBD, Koramil Kabat, Satpol PP Kecamatan Kabat, Pemdes dan warga masyarakat berupaya mengevakuasi pohon tumbang yang menutup jalan dan membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang terdampak hujan dan angina,” ujar Kapolsek Kabat saat berada di lokasi kejadian.

Pohon tumbang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas terpantau terjadi dibeberapa titik antara lain ; . 1 (satu) pohon trembesi roboh di Jalan Raya Jember Dusun Krajan Desa Kedayunan (selatan RTH Kedayunan), 2 (dua) pohon trembesi roboh di utara Kantor Desa Kabat Jalan Jember, 1 (satu) Baliho Pemkab Banyuwangi Rebound tumbang di utara Puskesmas Kabat, 1 (satu) pohon trembesi tumbang dan 1 (satu) pohon ketapang tumbang di Kantor Kecamatan Kabat, 1 (pohon ) tumbang di depan Balai Desa Pondoknongko, 2 (dua) pohon tumbang di utara dan selatan rel Labanasem Dusun Labansukadi Desa Labanasem dan mengakibatkan 1 (satu) orang pengendara motor tertimpa pohon.

“Pengendara motor yang tertimpa pohon di Dusun Labansukadi, Labanasem atas nama Yanto, warga RT: 001 RW: 004 Desa Labanasem dan korban saat kejadian langsung di rujuk ke rumah sakit oleh Pemdes Labanasem guna mendapatkan penanganan medis,” terang Kapolsek Kabat.

Kapolsek Kabat juga menyampaikan guna menghindari kemacetan yang panjang pihaknya mengalihkan arus lalu lintas lewat jalur alternative lintas timur (Sukojati, Pondoknongko, Kertosari, Sobo).

“Kami juga telah mendatakan rumah warga yang mengalami kerusakan untuk mendapatkan penanganan dan bantuan. Namun perlu diketahui tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut,” terang AKP Edy.

Dari pantauan wartawan di lapangan rumah milik warga yang mengalami kerusakan antara lain, dapur rumah Ibu Wagiyah warga RT 001 RW 004 Dusun Kejoyo Desa Tambong ambruk, tidak ada korban jiwa, dan kerugian diperkiraan Rp. 30.000.000,-. Rumah tertimpa pohon roboh atas nama Bpk. Wagino di Dusun Krajan RT. 002 RW. 005 Desa Kedayunan ( Belakang Koramil ) kerugian diperkirakan Rp 1.500.000,-

Dinding rumah roboh berikut atap rumah rusak berat atas nama Bpk. Rofik di Dusun Bodean RT. 002 RW. 002 Desa Kabat kerugian diperkirakan Rp 40.000.000,-. Atap rumah rusak atas nama Bpk. Naswito, Bpk Mustomi dan Bpk Sakrik ketiganya di Dusun Bodean RT. 002 RW. 002 Desa Kabat yang masing-masing diperkirakan mengalami kerugian Rp 3.000.000,-

Atap rumah rusak atas nama Bpk. Imam Wahyudi di Dusun Krajan RT. 002 RW. 002 Desa Kabat kerugian diperkirakan Rp 5.000.000,-
f. Atap rumah rusak atas nama Bpk. Susilo, Bpk Ichwan, Bpk Sajidi, Bpk Basri, dan Bpk Holik semuanya beralamat di Dusun Karangrejo RT. 002 RW. 004 Desa Kabat Estimasi kerugian belum diketahui.

Untuk jumlah terdampak hujan angin di wilayah Kecamatan Kabat di perkirakan masih akan mengalami penambahan karena masih dilakukan pendataan secara spesifik di wilayah Kecamatan Kabat. (Tyo_2701)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here