Kapolresta Banyuwangi Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Kontijensi Bencana 2019/2020

0
124

Titaniumnews.id – Banyuwangi : Polresta Banyuwangi melaksanakan apel gelar pasukan dan Alut / Alsus Aman Nusa II 2019-2020 dalam rangka kesiapsiagaan penanganan kontijensi menghadapi bencana 2019-2020, di Lapangan Parkir Stadion Diponogoro Banyuwangi, pada Selasa sore (17/12).

Apel pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifugdin, S.I.K., S.H., M.H., sebagai pimpinan Apel Aman Nusa II.

Pada hari ini jajaran Polresta Banyuwangi yang tergabung dalam Satgas Opsus Aman Nusa II penanggulangan bencana melaksanakan apel kesiap siagaan pasukan dalam rangka kesiapan menghadapi kemungkinan bencana alam ke depan,” ujar AKBP Arman Asmara.

Di hadapan 500 personel yang hadir dalam apel tersebut, Kapolresta Banyuwangi yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Krimsus Polda Jatim tersebut mengatakan gelar pasukan ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, termasuk menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Di sisi lain juga bahwa pengamanan Natal dan Tahun Baru tidak terlepas dari kemungkinan bencana, apakah itu hujan, banjir dan sebagainya, sehingga kita melaksanakan apel kesiapsiagaan yang melibatkan personel dari seluruh stake holder yang ada,” lanjut Kapolresta Banyuwangi.

AKBP Arman menjelaskan berbagai bencana yang terjadi di 2019, diantaranya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Banyuwangi dan angin puting beliung di Banyuwangi selatan, telah menuntut kesiapsiagaan personel Polri dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian dan evakuasi korban.

Terkait hal tersebut, Kapolresta meminta seluruh jajaran Polri bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dinkes, Dishub, Satpol PP  dan TNI serta instansi terkait lainnya ditambah unsur masyarakat seperti PMI, Senkom, Banser, Orari membentuk satuan tugas (Satgas) Aman Nusa II.

Satgas tersebut terdiri dari Satgas SAR, Satgas Penanggulangan Pengungsian Dan Perlindungan, Satgas Kedokteran Dan Kesehatan, Satgas Lidik Sidik, dan Satgas Ops. Lebih lanjut AKBP Arman mengatakan personil Polresta Banyuwangi juga siap apabila nantinya ditugaskan ke lokasi-lokasi rawan bencana maupun rawan konflik untuk turut serta menjaga pengamanan ataupun evakuasi.

“Apabila membutuhkan perkuatan pasukan ke depannya, misalnya terjadi kontijensi, apakah kontijensi konflik sosial, kontijensi bencana alam dan sebagainya, kita siap untuk backup wilayah bersinergi dengan teman-teman dari TNI, Pol PP, BPBD, Dishub,“ ujar Kapolresta Banyuwangi. (Tyo_1712)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here