Kapolresta Banyuwangi Hadiri Launching Ekspor Perdana di tahun 2020 Ikan Sidat Senilai 6 Milyar

0
163

Titanium.news.id.Banyuwangi – PT. Japfa Comfeed Tbk (JAPFA) melalui anak perusahaan PT. Suri Tani Pemuka (STP) dan PT. Iroha Sidat Indonesia (ISI) bersama Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Dirjen Kementerian Luar Negeri dan Bupati Banyuwangi secara resmi membuka kran ekspor produk budidaya perikanan, salah satunya produknya yakni ikan sidat senilai Rp 6 miliar ke Jepang melalui PT. Iroha Sidat Indonesia, Banyuwangi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian dan Kelautan dan Perikanan RI DR. Agus Siherman, S.Pi, M.Si, Dirjen Kementerian Perdagangan Luar Negeri Kementrian Perdagangan RI Indrasari Wisnu Wardhana. S.Kom. M.Si, Dir. Coorporate Affairs PT. Japfa Comfeed Indonesia Rahmad Indra Jaya, Head Of Aquaculture Division Japfa Group Ardi Budiono, Direktur Pengolahan Dan Bina Mutu Ditjen Pos PKP KKP Dr. Trisna Ningsih, Direktur Pemasaran Ditjen PDS PKP KKP Mahmud. Sp.Msc,  Direktur Pakan Obat Ditjen Perikanan Budi Daya KKP Ir. Mimid Abdul Hamid,M.Sc, Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya Ba.1 Muhlin S.PI. M.Si, Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, M.Si, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko, S.Sos, Sekda Banyuwangi Ir. Mujiono M.Si, Ketua DPRD Banyuwangi  I Made Cahyana Negara, S.E, Kajari Banyuwangi Moh. Mi’roj, S.H, M.H., Ketua PN Banyuwangi Samsul Arif, S.H, M.H, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, S.H., S.I.K., M.H.

JAPFA melepas ekspor perdana di tahun 2020 ini senilai lebih dari Rp 13 miliar, meliputi produk olahan sidat, produk fillet dan Ioin ikan tilapia, produk olahan ikan tilapia dan pakan udang.

Head of Aquaculture Division JAPFA Group (STP) Ardi Budiono menyampaikan pelepasan ekspor perdana diawal tahun 2020 merupakan bentuk konsistensi JAPFA dalam mendukung ekspor diberbagai komoditas, salah satunya produk sidat Banyuwangi.

“Produk olahan makanan kita memenuhi pasar Internasional, bahwa produk Indonesia sudah diakui oleh negara di dunia, hal ini tidak terlepas dari upaya JAPFA dalam mendukung pemerintah meningkatkan devisa negara,” kata Ardi sambil bersemangat.

Ardi menjelaskan bahwa nilai ekspor tahun 2019 sebesar 53 %, hingga saat ini produk olahan perikanan JAPFA telah dipasarkan ke 14 Negara di negara Eropa, Afrika, dan Asia.

“Dengan adanya peningkatan ekspor di tahun  lalu, peluang ekspor semakin besar dan ini menjadi peluang kami dan peluang Indonesia,” tegasnya.

Ardi mengungkapkan bahwa PT. JAPFA selalu menjaga standar kualitas dan mutu produk budidaya perikanan dengan baik.

“Disetiap rantai produksinya, kami memastikan kualitas dari mulai pemilihan bahan baku dan pengawasan yang ketat serta melalui proses produksi yang bertanggung jawab dan keberlanjutan,” imbuhnya.

Kapolresta Banyuwangi menyampaikan ekspor yang dilakukan oleh JAPFA diawal tahun ini merupakan hal yang bisa memberikan angin segar bagi perkembangan perekomian di Banyuwnagi khusunya dalam bidang produk makanan.

“Saya kira ini merupakan angin segar di awal tahun 2020, JAPFA membuka ekspor perdananya, perusahaan yang berbasis makanan ini meningkat nilai ekspornya, karena produk makanan ini lebih kuat dalam persaingan pasar,” ujar Kapolresta Banyuwangi.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan keterimakasihannya atas sinergitas PT. JAPFA dengan pemerintah untuk meningkatkan ekspor budidaya perikanan di Banyuwangi.

Pada kesempatan tersebut Bupati Banyuwangi  menjelaskan bahwa kualitas air di Banyuwangi sangat bagus, sehingga sangat mendukung untuk budidaya perikanan salah satunya sidat.

Jenis sidat yang dibudidayakan di Banyuwangi merupakan jenis Anguila Bicolor dan Marmorata, sedangkan yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis Anguila Bicolor. Perlu diketahui, pelepasan ekspor budidaya perikanan ini serempak dilaksanakan di tiga unit bisnis JAPFA yaitu Banyuwangi, Cirebon, dan Medan(Tyo_0113)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here