Kapolresta Banyuwangi Cup 2020, Ajang Adu Tepat Bidik Sasaran

0
98

Titaniumnews.id.Banyuwangi – Sebanyak 250 petembak se-eks Karisidenan Besuki mengikuti lomba menembak Kapolresta Cup 2020. Ajang ini sebagai silaturahmi antar anggota Perbakin, TNI Polri dan pengusaha.

Kegiatan ini digelar di Lapangan Tembak Kumendung, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Sabtu (18/1).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan, kuota peserta membludak. Acara yang diinisiasi oleh Polresta Banyuwangi sebenarnya hanya menyediakan sekitar 100 peserta. Namun karena banyaknya pendaftar, akhirnya kuota ditambah menjadi 250 peserta.

“Pendaftar kita batasi menjadi 250 orang saja. Sebenarnya bisa bertambah. Kami mohon maaf tidak bisa menambah lagi. Kuota yang ada harusnya hanya 100 peserta,” ujar Kapolresta Banyuwangi.

Kombes Pol Arman mengatakan bahwa ajang lomba ini, hanya melombakan satu kategori yakni kategori Presisi dengan menggunakan pistol.

“Nilai terbaik akan menjadi jawara,” tambahnya.

Kejuaraan menembak ini dibagi dalam dua kategori. Yakni kategori TNI/ POLRI dan kategori umum. Dengan kelas handgun pada jarak tembak 20 meter.

Sebelum menembak, peserta diberikan kesempatan menembakkan peluru kering untuk pemanasan. Setelahnya, peserta diizinkan menembakan peluru sebanyak 3 kali tarikan pelatuk untuk percobaan awal. Barulah setelah itu, peserta dinilai dalam 10 tembakan berdasarkan ketepatan bidikan pada papan tembak.

Namun sebelum menembak papan skor, peserta diwajibkan mengenai dua sasaran plat besi yang sudah disiapkan. Setelah keduanya roboh, tembakan selanjutnya akan dinilai berdasarkan lubang peluru yang menembus papan skor.

Tak hanya anggota Perbakin dan TNI Polri, ajang ini juga diikuti oleh para eksekutif. Selain pengusaha dari Banyuwangi dan Situbondo, ajang ini juga diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi. Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Infantri Yuli Eko Purwanto dan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. Danpuslatpur Marinir dan Kalapas Banyuwangi juga hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini juga untuk lebih mensolidkan Forkopimda Banyuwangi. Dan ini kita gelar setiap tahun,” tegas Kapolresta Banyuwangi.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan, ajang silaturahmi tak hanya dengan kegiatan seremonial saja. Namun juga dengan kegiatan perlombaan juga bisa dilakukan.

“Pak Kapolresta ini banyak sekali ide-nya. Jadi selalu memberikan kegiatan yang bermanfaat sekaligus menggandeng seluruh elemen di Banyuwangi untuk bersatu padu,” pungkasnya.

Tak hanya diikuti oleh personel polisi dan tentara saja, kejuaraan ini juga diikuti oleh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi dan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam HIPMI.

Dari kategori TNI/ POLRI, Kapolsek Banyuwangi kota AKP Ali Masduki menduduki podium pertama. Disusul oleh David dari Marinir Lampon sebagai runner-up. Tak ketinggalan, Dandim 0825, Letkol Yuli Eko Purwanto muncul sebagai juara di kelas tembak 20 meter ini.

Sedangkan untuk kategori umum, juara pertama diperoleh Dalyono. Juara kedua oleh Rambo dan Romadhon Hariyanto pada juara ketiga.

Untuk diketahui, dalam kejuaraan tembak presisi Kapolresta Banyuwangi Cup 2020 di lapangan tembak Perbakin Bumi Blambangan, Desa Kumendung, Kecamatan Muncar ini, dapat menggunakan berbagai jenis senjata pistol. Seperti, jenis CZ-99 atau CZ-75, Revolver dan Glock. (Tyo_0118)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here