Kapolres Puncak Jaya Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

0
675

Titaniumnews.id.Polres Puncak Jaya – Bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Puncak Jaya, Kepala Kepolisian Resor Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H., S.IK., M.H memimpin langsung pelaksanaan kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (01 Juni 2023).

Bertindak sebagai perwira upacara Kabag SDM AKP Yohanis Lois Maryan, komandan upacara Ipda Kasroni Manurung, S.H serta upacara juga diikuti Wakapolres Puncak Jaya Kompol Sarifudin Ahmad, Kabag Ops AKP I Made Sudarma, S.H, Para Kabag dan Perwira serta seluruh personel Polres Puncak Jaya.

Kapolres Puncak Jaya dalam membacakan amanat Presiden RI mengatakan, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber hukum negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis, yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian mewujudkan masyarakat Indonesia negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kepolisian Resor Puncak Jaya ini juga mengatakan untuk hari lahir Pancasila yang kita rayakan setiap tanggal 01 Juni ini, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktekkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

“Pada peringatan Harlah Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” ucap AKBP Kuswara.

Dan atas nama seluruh rakyat Indonesia, Kapolres Alumni Akpol tahun 2003 tersebut, menyampaikan terimakasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atau warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini.

“Saya juga ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh generasi menanamkan penerus bangsa yang telah pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” pungkas Kapolres Puncak Jaya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here