Kapolres Manokwari Pimpin Upacara HUT Satpam ke 38

0
400

Titaniumnews – Kepala Kepolisian Resor Manokwari AKBP Adam Erwindi, SIK.MH memimpin langsung upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) Ke – 38 Tahun 2018 yang bertempat di Halaman Polres Manokwari. Kamis (31/1/2019).

HUT Satpam ke – 38 Tahun 2018 yang seyogyanya digelar pada tanggal 30 Desember 2018, pada tahun ini berbeda dan dilakukan pada tanggal 31 Januari 2019, dan mengangkat tema ‘Pemulihan Profesi Satuan Pengamanan Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu 2019’. Bertindak sebagai Perwira Upacara Kasat Bimas Polres Manokwari IPTU Subiyanto, SH dan Komandan Upacara KBO Sat Narkoba IPDA Iwan Mulyawan, SH.

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian yang mengatakan bahwa Satuan Pengamanan memiliki peran Strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi. Jaminan keamanan pada lingkungan badan usaha dan sektor industri, akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap Negara yang pada akhirnya bisa berdampak positif bagi iklim berinvestasi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin professional, Dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

“Untuk mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, di antaranya proses perekrutan yang selektif, serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama” Urai AKBP Adam Erwindi.

“Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang Industrial Security” Imbuhnya.

Lebih lanjut Perwira Menengah Alumni Akpol tahun 1999 ini mengatakan, untuk itu diperlukan Satpam yang professional, untuk menjadi satpam yang profesional di butuhkan sistem dan SDM yang optimal, upaya ini yang harus dibangun, Berpegang teguh kode etik dan tugas yang bertanggung jawab.

“Diharapkan juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kerawanan dilingkungan kerja. Yang terpenting adalah membangun komunikasi aktif dengan masyarakat, Jajaran Polri dan Stake Holder yang ada, Dalam kesempatan ini, saya selaku Kapolres Manokwari mengucapkan selamat memperingati hari ulang tahun Satpam yang ke 38” Pungkasnya.

Upacara Hut Satpam ke-38 ini dihadiri oleh Bupati Manokwari, Dan Dim 1801 Manokwari, Kafasharkan Manokwari, Para BUJP, Para Pimpinan Instansi Pengguna Satpam, Waka Polres Manokwari, ketua Bhayangkari Cabang Manokwari, Para Kasat, Para Perwira, Para Peserta Upacara yang terdiri dari Personil Polres Manokwari, Satuan Pengamanan, Sat Pol PP dan Senkom Manokwari.

Usai upacara Hut Satpam ke-38 dilanjutkan dengan acara Syukuran dan pemberian penghargaan kepada BUJP terbaik yaitu PT. Duta Sarana Cipta Papua dan pengelola Satpam terbaik yaitu PT. BRI Persero/Tbk). (Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here