Kapolres Madiun Resmi Berganti, Suasana Haru Warnai Upacara Pelepasan

0
271

Titaniumnews. Id. Madiun- Suasana haru mewarnai ritual tradisi pedang pora di Polres Madiun. Ritual Pedang Pora merupakan tradisi dalam pisah sambut pergantian Kapolres lama AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H ke Kapolres baru AKBP Eddwi Kurniyanto S.H., S.I.K.

Dalam upacara pisah sambut itu dilakukan serangkaian prosesi, diantaranya pedang pora yang melibatkan 60 perwira yang membawa pedang panjang dalam menyambut kedatangan Kapolres yang baru.

“Pedang pora ini tradisi untuk menyambut dan menghantar Kapolres baru dan lama. Ini merupakan rasa penghomatan dan menghagai kurang lebihnya itu maknanya,” terang Wakapolres Madiun Kompol Suhono, S.H., M.H.

Layaknya seperti pengantin, AKBP Ruruh Wicaksono dan AKBP Eddwi Kurniyanto masing-masing ditemani istri berjalan mulai pos penjagaan Mapolres yang ada di Jalan Soekarno Hatta Kota Madiun.

Suasana khidmat dan isak tangis para anggota Polrs Madiun dan bhayangkari pecah saat Kapolres Madiun lama AKBP Ruruh Wicaksono mengalungkan bunga melati kepada Kapolres Madiun baru AKBP Eddwi Kurniyanto.

“Selamat jalan bapak semoga sukses ditempat dengan jabatan baru,” ucap Kapolsek yang tidak bisa menahan tangis.

Cucuran air mata para perwira tak terbendung kala prosesi pamitan Kapolres lama dengan para bhayangkari dan pejabat jajaran Polres Madiun.

Diketahui, AKBP Ruruh Wicaksono telah menjabat Kapolres Madiun selama 1,5 tahun terakhir dan akan pindah menjadi Kapolres di Polres Tuban .

Dalam pamitan itu, di halaman Polres Madiun seluruh anggota polres Madiun berjajar dan melempari AKBP Ruruh dan AKBP Eddwi dengan bunga melati. AKBP Ruruh pun mengucapkan banyak terima kepada semua jajaran termasuk pesilat yang telah membantu menciptakan Kabupaten Madiun yang kondusif.

Kapolres Madiun yang baru AKBP Eddwi Kurniyanto sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Probolinggo menyatakan siap meneruskan tugas AKBP Ruruh yang belum diselesaikan.

“Sebagai orang baru, kita pelajari dulu kasusnya yang jadi tanggungan kami. Program baik beliau (AKBP Ruruh) akan kita lanjutkan,” pungkas Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here