Kakorlantas : Efektif Tekan Pelanggaran, ETLE Segera Diterapkan di 19 Polda

0
2116

Titaniumnews.id.Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, jajaran Korlantas Polri siap melaksanakan kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait penindakan hukum dalam berlalu lintas secara elektronik ataupun digital IT.

“Bapak Kapolri kemarin menyampaikan commander wish kepada jajaran, salah satunya di bidang Lalu lintas terutama pelayanan publik di bidang lalu lintas dan penegakan hukum yang berbasis IT di bidang lalu lintas. Khususnya masalah penegakan hukum di bidang IT ini kita tindak lanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang kita sebut ETLE,” ucap Kakorlantas.

Kakorlantas menyebutkan, ETLE sementara yang sudah ada dan sudah di uji cobakan hingga beroperasional ada pada tiga Polda, yakni Polda Jawa Timur, Polda Metro Jaya dan Polda DIY.

Kakorlantas menjelaskan, efektivitas dengan pemasangan ETLE ini sangat efisien sekali, artinya banyak mengurangi pelanggaran, kesadaran masyarakat akan titik itu pasti dimonitor oleh ETLE.

“Masyarakat cenderung tidak mau melanggar. Ini nilainya sampai turun sampai 40,4 empat persen. Ini sangat bagus.” sambungnya.

Lanjut Kakorlantas, seandainya semua dibangun ETLE, nanti target pada program seratus hari bapak Kapolri ada sekitar 19 Polda yang akan kita targetkan. Dan kemudian di tahap pertama ini rencana akan kita launching di bulan Maret. Polda-polda yang susah siap antara lain ada 5 Polda dan beberapa Polres jajaran.

“Harapan kita secara bertahap nanti program seratus hari Bapak Kapolri ini kita bisa capai nanti sampai target kita 19 belas Polda, secara berharap dan terus-menerus hingga semuanya di 34 kota provinsi ini terpasang.” lanjutnya.

“Dengan demikian penindakan hukum kita nanti terus otomatis berbasis IT dengan ETLE ini.” pungkasnya. (NTMC Polri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here