Jaga Kondusifitas Kamtibmas, Kapolresta Silaturahmi dengan Elemen Mahasiswa se-Malang Raya

0
348

Titaniumnews.id. MALANG KOTA – Menjaga Kondusifitas Kamtibmas sebuah wilayah tidak hanya tanggung jawab Polri sebagai penegak hukum. Tetapi peran serta semua elemen masyarakat, dipastikan akan turut membawa dampak baik aman dan terjaganya kamtibmas. Untuk itulah Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata S.Sos S.IK M.H mengundang elemen masyarakat dari kalangan Mahasiswa. Selasa (4/2/2020)

Mengambil tempat di Aula Sanika Satyawada Polresta Malang Kota, silaturahmi Kapolresta Malang Kota dengan Elemen Mahasiswa Malang Raya yang diikuti sekitar 100 orang ini juga dihadiri sejumlah PJU Polresta Malang Kota. Sedangkan dari Mahasiswa yang hadir diantaranya Sena Kogam Ketua Umum IMM cabang Malang, Ketua GMNI Malang Raya, Arif, Koordinator BEM Malang Raya, M Saifullah, Ketua pengurus BEM se-Malang Raya serta Abdul Qodir selaku Presiden Jaringan Satu Indonesia.

Dalam sambutanya, Kombes Pol Dr Leonardus Simarmata menyampaikan, sebagai Pejabat yang baru di wilayah hukum Malang Kota meminta dukungan semua masyarakat termasuk para Mahasiswa, guna terciptanya kondusifitas kamtibmas.

“Saya disini adalah untuk melayani masyarakat semua dan khususnya saya juga menyinggung bahwa di Malang ini untuk kasus paling menonjol adalah curanmor, dimana saat ini sudah terbentuk tim Singo Arema Police yang khusus menangani kasus curanmor dan alhamdulillah saat ini telah adanya pengungkapan kasus Curanmor” Tutur Kombes Pol Leonardus.

Tidak hanya itu, Perwira dengan tiga melati dipundaknya ini juga menyoroti maraknya aksi balap liar yang terjadi di belakang GOR Ken Arok.

Menyinggung kegiatan dalam berlalu lintas, dihadapan para Mahasiswa, Kombes Pol Leonardus juga menyampaikan, dari Satuan lalu lintas Polresta Malang kota melakukan kajian terhadap kepadatan arus lalu lintas di sekitaran jembatan Sukarno Hatta, namun setelah melewati pukul 07.00 wib pagi arus tersebut telah mengalami penurunan tingkat kepadatan sehingga akan sesegera untuk mencari solusi terkait kepadatan arus tersebut sebelum pukul 07.00 wib.

Pada kesempatan tersebut, Kapolresta juga  menyampaikan tentang terobosan dari Polresta Malang Kota yaitu adanya aplikasi Jogo Malang yang mana semua warga Kota Malang atau warga luar kota maupun luar provinsi dapat mengakses aplilasi tersebut selama berada di Kota Malang.

“Maka harapan kami agar dapatnya rekan-rekan BEM untuk dapat menginstal dan menyampaikan kepada rekannya karena di dalam aplikasi tersebut sangat banyak tentang pelayanan Polisi kepada masyarakat” Imbuhnya.

Sebagai informasi, Aplikasi yang dimiliki Polresta Malang Kota terdiri dari beberapa menu utama pelayanan yaitu ujian SIM, pelayanan SKCK dan laporan kehilangan maupun pengaduan. Dan yang terpenting adalah dalam aplikasi ini yaitu panic button dengan sistem yang sudah terupgrade.

Menyikapi maraknya aksi atau permasalahan radikalisme dan terrorisme, Kapolresta mengajak untuk bersama – sama menjaga kondusifitas di kampus masing masing.

“Disini juga saya menghimbau dan tidak henti mengingatkan rekan-rekan mahasiswa, akan peredaran narkoba. Fenomenanya di kota Malang ini berbeda dari kota yang lain. Tidak mungkin ada suplai apabila tidak ada permintaan. Jadi dimohon kepada rekan-rekan untuk selalu waspada terhadap perkembangan tersebut” Tandasnya.

Acara silaturahmi yang diselingi dengan tanya jawab dari perwakilan Mahasiswa ini berjalan dengan akrab dan lancar. Pada sesi tanya jawab, Mahasiswa bernama Yadi dari HMI menyampaikan mahasiswa erat kaitanya dengan kebangsaan, agama dan persoalan yang lainnya.

“Kami siap bersinergi dengan Polresta Malang Kota. Pandangan Polri kepada kami. Utamanya dalam berorganisasi” Ujarnya.

Dion yang merupakan pengurus PMKRI menyampaikan tambahan atas pertanyaan Yadi, sekaligus saran, mengenai penanganan unras, agar Polri lebih dekat lagi dengan mahasiswa. Selain itu terkait curanmor yang semakin marak dan tindakan tilang, diharapkan proses penilangan supaya tidak terjadi tindakan tilang yang semena-mena.

Dari semua sesi tanya jawab, kritik maupun masukan dari Mahasiswa, semuanya akan ditindaklanjuti dan menjadi bahan evaluasi Jajaran Polresta Malang Kota. Pada intinya semua elemen masyarakat khususnya dari kalangan Mahasiswa akan mendukung penuh dan bersinergi dengan Kepolisian, terutama untuk menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Malang Kota. (Innitya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here