Inisiasi FGD Penanganan Banjir, Satbinmas Polres Trenggalek Dorong Partisipasi Warga

0
275

Titaniumnews – Musim penghujan telah tiba. Hampir setiap hari wilayah kota Trenggalek diguyur hujan dengan intensitas sedang. Mengacu pada tahun-tahun sebelunya, saat hujan deras, sungai yang membelah kota Trenggalek kerap kali meluap dan berdampak banjir yang tak jarang membawa material lumpur.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Satbinmas Polres Trenggalek berinisiasi menggelar Focus Grup Discussion (FGD) bersama Muspika, Dinas terkait dan kepala kelurahan area kota Trenggalek. FGD yang diselenggarakan di balai kelurahan sumbergedong tersebut bertujuan untuk mencari solusi terbaik dalam mencegah terjadinya banjir. Rabu (30/01)

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum, perwakilan dinas PUPR, PKLH dan dinas pertanian, Muspika kecamatan Trenggalek, Para Kanitbinmas Polres , 3 pilar kelurahan Surodakan dan Sumbergedong berikut ketua RW dan RT masing-masing kelurahan.

Dalam kesempatann tersebut, AKP Suyono mengatakan permasalahan banjir adalah masalah bersama yang tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja namun secara bersama berbagai instansi dan seluruh lapisan masyarakat khususnya Kelurahan Sumbergedong dan sekitarnya.

“TNI/Polri telah berupaya membantu dengan jalan kerja Bhakti di seputaran daerah aliran sungai bersama masyarakat, demikian pula dengan dinas terkait telah melaksanakan tugas sesuai tupoksinya.” Ujar AKP Suyono

“Kami berharap dengan FGD ini nanti ada ide dan saran usulan sehingga pelaksanaan program masing-masing dinas terpadu untuk menyelesaikan masalah banjir ini.” Imbuhnya.

Senada, salah satu perwakilan dari dinas pertanian menuturkan topografi kelurahan Sumbergedong adalah termasuk wilayah pertemuan beberapa aliran sungai yang dapat mengakibatkan menumpuknya debit air apabila secara bersamaan meningkat. Dinas pertanian telah berupaya daerah hulu ditanami agar menjadi kantung kantung air yang dapat mengurangi debit air pada musim penghujan.

Setelah melalui dialog yang panjang dan enampung semua aspirasi dari berbagai pihak dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan kerja bakti kembali dengan melibatkan semua stakeholder untuk membersihkan saluran air di seluruh wilayah Sumbergedong dan sekitarnya. Selain itu diperlukan beberapa terobosan saliran air baru untuk mempercepat dan memperlancar arus air serta segera akan dilaksanakan normalisasi daerah aliran sungai oleh dinas PUPR dan pembersihan  pohon dan sampah  oleh Dinas PKPLH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here