Hobby Unik Aipda Heru Iswanto, Si Tukang Pulas Foto Sejarah dari Polda Metro Jaya

0
621

Titaniumnews.id. Jakarta – Pernah mendengar nama Heru Iswanto ? Atau akun medsos tukangpulas_asli ? Bagi sebagian orang terutama yang aktif di media sosial twitter dan Instagram nama tukangpulas_asli tidaklah asing. Pemilik akun media sosial tersebut adalah Heru Iswanto seorang Polisi berpangkat Aipda yang saat ini berdinas di Subditkamsel Ditlantas Polda Metro Jaya, adalah Polisi dengan talenta unik dan terbilang istimewa. Melalui tangan dinginnya mampu membuat berbagai foto bersejarah yang semula berwarna hitam putih disulapnya menjadi berwarna.

Dalam sebuah kesempatan, saat berbincang dengan Aipda Heru, dirinya pun menceritakan awal mula dirinya memiliki hobby yang terbilang unik tersebut. Pria kelahiran Bandung 8 Maret Tahun 1980 ini menceritakan, melalui twitter dan akun Instagram tukangpulas_asli, nama tukang pulas sendiri diambil dari bahasa Sunda. Dimana dalam arti sebenarnya pulas yakni poles atau mewarnai.

Mengenai kegemarannya yang unik, berawal saat Aipda Heru berselancar di media sosial Facebook dan menemukan sebuah grup bernama INDONESIAN HISTORY IN COLORIZED PHOTOS. Karena penasaran dan kecintaannya pada sejarah, Aipda Heru pun mulai mencari tahu melalui browsing di internet dan mempelajari bagaimana foto sejarah yang semula hitam putih bisa dirubah menjadi berwarna.

“Dari melihat di grup facebook banyak foto-foto jaman dulu yang dibuat berwarna, saya tertarik dan mulai mencari tahu bagaimana proses dan cara membuatnya” Ujar Aipda Heru.

Diakui Aipda Heru dari sejak akhir 2016 atau tepatnya bulan November hingga kini, merubah foto bersejarah yang awalnya hitam putih menjadi berwarna pun bukan semata iseng atau mengisi waktu luang. Lebih dari itu, foto yang diambil dari berbagai sumber website sejarah tersebut dimaksudkan sebagai jalan lain mengedukasi masyarakat akan sejarah masa lampau.

Terkait maraknya foto hoax atau pun meme yang beredar di media sosial, melalui hobby memulas foto sejarah ini, Aipda Heru juga merasa terpanggil untuk mengajak masyarakat menggunakan media sosial dengan lebih bijak. Salah satunya melalui foto sejarah, terutama generasi muda diharapkan bisa memposting sesuatu yang bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.

“Biasanya khan di medsos itu yang viral atau diposting itu foto selebriti, politik atau olahraga, saya ingin menampilkan sesuatu yang berbeda agar masyarakat terutama generasi muda terpanggil dan mencintai sejarah” Tutur Aipda Heru.

Selama menekuni dunia coloring, Aipda Heru pun mulai dipercaya dari menjadi Juri mewarnai di acara History Fair di Fakultas Ilmu Budaya UI selama 2 tahun yakni di tahun 2018 dan 2019 hingga dipercaya untuk terlibat langsung dalam sebuah karya tulis buku sejarah.

“Buku sejarah tentang biografi Pierre Tendean, judulnya Jejak Sang Ajudan, saya terlibat di bagian mewarnai foto-fotonya” Imbuh Aipda Heru Iswanto.

Prestasi lain yang tak kalah membanggakan dari hobby memulas foto sejarah ini, Aipda Heru juga diundang menjadi narasumber dalam sebuah workshop di Festival Fotografi Jakarta yang diadakan Kompas Grup.

Sementara itu, saat ditanyakan soal pesanan foto jika ada masyarakat yang tertarik, merubah foto hitam putih menjadi berwarna Aipda Heru mengatakan, biasanya pemesan mengirimkan foto melalui file lewat email. Sedangkan untuk harga menurutnya, tergantung dari banyaknya obyek yang harus diwarnai.

Disinggung soal dirinya yang berprofesi sebagai Polisi, Bhayangkara lalulintas ini pun menandaskan dirinya tetap menomorsatukan tugas utamanya sebagai Pengayom dan Pelindung masyarakat, Aipda Heru kini membatasi pemesan pemulasan foto.

“Tugas utama saya, Anggota di Ditlantas Polda Metro Jaya tentu saya harus bisa mengutamakan tugas, diri saya sebagai Polisi. Untuk hobby insha Allah masih berlanjut dan akan terus mengembangkan hobby saya ini. Sekali lagi melalui foto-foto sejarah saya ingin memberikan sedikit sumbangsih saya kepada Bangsa, edukasi pemulasan foto sehingga diharapkan akan timbul ketertarikan masyarakat lebih mencintai dan menghargai sejarah” Pungkasnya.

Penulis : Tya Titaniumnews.id

Sumber : Aipda Heru Iswanto

https://instagram.com/tukangpulas_asli?igshid=1d5xrdht5io9r

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here